satunarasi

BerandaButon TengahPembangunan Kolam Desa Madongka Tak Fiktif, Wartawan Terancam Pidana

Pembangunan Kolam Desa Madongka Tak Fiktif, Wartawan Terancam Pidana

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM — Kepala Desa Madongka Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Sekretaris Desa (Sekdes) nya, Muhammad Awaludin memastikan bahwa pekerjaan pembangunan kolam renang di desanya telah sesuai prosedur.

Hal ini diungkapkan guna mengklarifikasi pemberitaan salah satu media online yang menyorot dugaan penyalahgunaan dana desa Madongka. Sebab, sejak perencanaan hingga pelaksanaan, semua tahapan pekerjaan itu dilakukan sesuai hasil musyawarah Desa disepakati bersama BPD.

Ketgam : Proses Pekerjaan Kolam Desa Madongka/Dok

Muhammad Awaludin di dampingi kuasa hukumnya Husein Udin, SH menegaskan, berita yang dirilis wartawan media online (marwahkepri.com) tak berdasar dan tidak menjujung tinggi etika jurnalis, sebab tidak melakukan konfirmasi. Olehnya itu, menurutnya perlu diluruskan karena tak sesuai fakta.

“Apalagi sampai ada tuduhan bahwa kegiatan yang dilakukan Pemerintah Desa Madongka yaitu pembangunan kolam renang itu fiktif. Faktanya di lapangan, pembangunan itu dilakukan melalui proses perencanaan yang panjang dan itu dilakukan berkelanjutan pasca dimulainya di tahun 2020,” ujarnya, saat konferensi pers, Jumat, (26/04/2024).

Ketgam : Proses Pekerjaan Kolam Desa Madongka/Dok

Awaludin merinci, pelaksanaan pembangunan kolam renang di Desa nya dimulai sejak 2020. Dimana pada tahun 2020 pihaknya membangun kolam renang, toilet, dan gazebo. Sedangkan di tahun 2021 dimulainya pembuatan pagar hingga tahun 2022.

Awaludin menguraikan, pembangunan kolam renang itu juga masuk kedalam program Bursa Inovasi Desa yakni sebuah program yang didalam aturannya wajib dilaksanakan masing-masing Desa.

Bahkan peletakan batu pertama pembangunan kolam renang tersebut pun dihadiri oleh mantan Bupati Buton Tengah saat itu dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah. Terlebih, dalam proses pekerjaan kolam juga melibatkan masyarakat Desa selaku HOK.

“Maka sangat tidak mungkin kalau kegiatan itu fiktif. Makanya kita juga sangat menyayangkan orang yang memberitakan itu dan sampai mempublish berita itu padahal tidak berdasar. Jadi silahkan datang di Desa Madongka semua ada fisiknya dan kolam masih dapat digunakan” urainya.

Secara administrasi, berdasarkan pengakuan Awalaludin, pekerjaan pembangunan kolam renang di Desa Madongka itu telah diaudit oleh Badan Inspektorat Kabupaten Buton Tengah.

“Hasil audit menyatakan tidak ada temuan sama sekali. Jadi ini yang membuat kami tersinggung dengan tuduhan dalam pemberitaan itu,” tegasnya.

Sedangkan pembangunan jalan tani sebagaimana yang ditulis oleh wartawan yang bersangkutan, tutur Awaludin merupakan kegiatan yang bersumber dari anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten.

“Jalan itu bukan kegiatan Pemerintah Desa,” pungkasnya.

Atas masalah ini, Pemerintah Desa Madongka meminta kepada wartawan yang bersangkutan segera membuat pernyataan di media bahwa apa yang disampaikan itu tidak benar. Karena menurutnya, yang bersangkutan tidak melakukan pemberitaan yang berimbang atau cover booth side.

“Untuk itu kami meng-ultimatum si penulis untuk mengklarifikasi paling lambat 2 x 24 jam,” ulti Awaludin.

Atas masalah itu juga, kuasa hukum, Pemerintah Desa Madongka, Law Office Husein Udin, SH meminta kepada yang bersangkutan untuk melakukan hak jawab atau klarifikasi dari lini berita yang dimuat oleh marwahkepri.com. Yang mana berita tersebut menurut Husein berpotensi menimbulkan pencemaran nama baik. Termasuk pelapor inisial LA rencana juga akan di polisikan.

“Kami selaku kuasa hukum akan menempuh jalur hukum guna kepentingan klien kami karena berpotensi merugikan klien kami dan dapat menimbulkan polemik di Desa tersebut karena dampak dari pemberitaan tersebut. Maka kami meminta segera dilakukan klarifikasi atas termuatnya pemberitaan tersebut,” tutupnya. (adm)

Laporan : Sadly

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com