satunarasi

BerandaWakatobiBuka MTQ ke-XV dan FSQ ke-VIII Wakatobi, Ini Pesan Bupati Haliana

Buka MTQ ke-XV dan FSQ ke-VIII Wakatobi, Ini Pesan Bupati Haliana

WAKATOBI, SATUNARASI.COM-Bupati Wakatobi H. Haliana resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XV dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke VIII tingkat kecamatan tahun 2024. Kegiatan keagamaan tersebut berlangsung di alun-alun merdeka Kecamatan Wangiwangi Kabupaten Wakatobi, Rabu (28/02/2024).

Melalui sambutannya, Haliana mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat membumikan ajaran Al-Quran serta menegakan syariat Islam untuk memperkokoh agama dalam sendi kehidupan masyarakat Wakatobi. Pasalnya, Al-Quran merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang aktual sepanjang masa bagi umat Islam.

Haliana juga menjelaskan, dalam kegiatan MTQ dan FSQ nanti, akan menampilkan Qari’ dan Qariah terbaik dari delapan kecamatan yang siap berkompetisi meraih prestasi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif, dan berkarakter islam sebagaimana akhlak Rasulullah SAW.

“MTQ dan FSQ bukan hanya untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran atau menampilkan kefasihan dibidang seni Qasidah. Akan tetapi kedua kontestasi ini merupakan jalan untuk membangun generasi serta mengedukasi masyarakat supaya kita mencintai Al-Quran,” jelasnya.

Politisi PDIP Wakatobi ini juga berharap, melalui ajang MTQ dan FSQ dapat memperkuat jati diri muslim dan muslimah dan memperkokoh ukhuwah islamiah sebagai masyarakat Wakatobi.

“Terkhusus bagi para peserta agar bersungguh-sungguh dalam melaksanakan lomba agar prestasi yang dicapai bisa mengharumkan nama Wakatobi pada tingkat tertinggi,” harap Haliana.

Ketua Panitia, Nadar mengatakan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan petunjuk teknis penyelenggaraan MTQ ke XXX tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2024 akan berlangsung selama enam hari, mulai 28 februari-4 Maret 2024. Adapun peserta yang mengikuti lomba MTQ dan FSQ terdiri dari delapan Kecamatan.

“Hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 400 peserta dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Wakatobi, ” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, adapun jenis lomba yang akan di pertandingkan pada cabang MTQ terdaftar 19 cabang dan pada cabang FSQ terdiri dari cabang seni baca tulis Al-Quran, cabang Qira’at Al-Qur’an, cabang Hafalan Alquran, seni Kaligrafi, cabang Karya Tulisan Al-Quran, yang akan bertempat di sekolah, mesjid, aula perpustakaan daerah, dan di alun-alun merdeka Wakatobi.

“Dari beberapa jenis cabang lomba yang dipertandingkan terdapat di tiga tempat yakni, Sekolah, Mesjid, Aula Perpustakaan Daerah, dan untuk FSQ kita akan fokuskan lokasinya di alun-alun merdeka Kabupaten Wakatobi, ” tutup Nadar. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com