satunarasi

BerandaWakatobiPemda Wakatobi Bersama BPN Gelar Giat Gemapatas dan Gema Puldadis

Pemda Wakatobi Bersama BPN Gelar Giat Gemapatas dan Gema Puldadis

WAKATOBI, SATUNURASI.COM-Pemerintah Kabupaten Wakatobi bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wakatobi menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) dan Gerakan Masyarakat Pengumpulan Data Yuridis (Gema Puldadis).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wakatobi Agus S, ST mengatakan, tahun 2023 lalu pihaknya telah berhasil melaksanakan kegiatan berupa redistribusi tanah yang terdiri dari sertifikat hak milik 5.073 bidang, sertifikat hak pakai 24 bidang serta sertifikat Wakaf 3 bidang.

“Kegiatan serupa sudah kami lakukan pada tahun lalu di tiga bidang, yakni dibidang sertifikat kak milik, bidang hak pakai dan bidang wakaf,” jelasnya saat kegiatan di Aula Kecamatan Kaledupa, Senin 15 Januari 2024.

Dia juga menjelaskan, dalam rangka mewujudkan terdaftarnya seluruh bidang tanah di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menjalankan Program Strategis Nasional yakni PTSL.

“Target kegiatan PTSL tahun 2024, Kantor Pertanahan Kabupaten Wakatobi mendapat kuota 1.500 bidang tanah dan dipusatkan di pulau Kaledupa,” terangnya lagi.

Sementara itu, Bupati Wakatobi H Haliana mengatakan, ini merupakan langkah keseriusan pemerintah Daerah yang bekerja sama dengan Kementrian ATR/BPN untuk mensertifikasikan tanah masyarakat Wakatobi. Sehingga masing-masing masayarakat sudah memiliki hak milik, tanpa ada lagi kekeliruan dengan yang lain.

“Ini perlu diseriusin, karena lahan-lahan kedepan jikalau tidak memiliki sertifikat tanah, maka akan ada kesalahpahaman antar sesama batas, sehingga kami pemerintah Daerah dengan BPN kabupaten Wakatobi bekerjasama untuk melakukan hal tersebut, ” kata Haliana.

Politisi PDIP mengucapkan kegiatan Gemapatas dan Gemapuldadis di pulau kaledupa memiliki 1.500 kuota bidang tanah, sehingga dia berharap kepada kepala Desa, Lurah, Camat dan seluruh aparat Desa dan kelurahan untuk segera mensosialisasikan ke masyarakat segera mendaftarkan tanahnya untuk di sertifikat kan,” lanjut Haliana.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut dihadiri juga dari pihak kejaksaan kabupaten Wakatobi, Forkopimda, Kepala Desa, Lurah, Camat aparat Desa sepulau Wakatobi. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com