satunarasi

BerandaKulinerDispar Wakatobi Latih Pelaku Usaha Kuliner, Bupati Haliana Beri Suport

Dispar Wakatobi Latih Pelaku Usaha Kuliner, Bupati Haliana Beri Suport

WAKATOBI, SATUNARASI.COM – Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner di kafe Parame Wakatobi, Selasa (08/08/2023).

Kegiatan yang dibuka langsung Bupati Wakatobi H. Haliana itu dalam sambutannya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada para peserta. Pasalnya, untuk mempromosikan Wisatawan hadir ke Wakatobi, bukan hanya keindahan terumbu karang, akan tetapi juga kuliner khas daerah yang bisa menjadi sasaran promosi bagi wisatawan baik dari dalam negeri maupun sampai mancanegara.

“Saya sangat suport kegiatan ini, demi untuk mempromosikan daerah kita bukan hanya pada aspek keindahan terumbu karang saja, tetapi ada hal baru yakni kuliner ala Wakatobi dengan menu-menu khas daerah kita, ” kata Haliana.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar bahwa kegiatan tersebut untuk mengembangkan prodak kuliner sebagai prodak pariwisata. Sebab, konsep untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia(SDM) para pelaku usaha harus membuat output kongkrit yang menghasilkan menu baru.

“Kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan inovasi yang fundamental pada bidang kuliner agar bagaimana para pelaku usaha kuliner lokal bisa menghasilkan menu baru untuk di sajikan, ” kata Nadar dikonfirmasi, Rabu 9 Agustus 2023.

Dia juga menjelaskan, peserta yang mengikuti kegiatan bukan hanya di dalam Ibu kota. Tetapi juga para pelaku kuliner dari Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Dimana mereka akan dilatih oleh chef handal selama tiga hari mulai 8 – 10 Agustus.

Dalam Tiga hari kegiatan tersebut, mereka akan dilatih bagaimana cara mengolah hasil pangan lokal Wakatobi menjadi sesuatu penyajian kualitas, memiliki Nilai jual dan daya saing.

“Dengan pelatihan tersebut, para pelaku kuliner sudah bisa memberikan sesuatu yang spesial di tempat masing-masing, sehingga disaat wisatawan berkunjung ke Wakatobi dan ingin mencoba menikmati sesuatu yang baru dengan khas Daerah Wakatobi, kami sudah menyediakan tempat kuliner tersebut, ” lanjut Nadar.

Salah satu chef dari Bandung Safiadi mengatakan, adapun menu yang akan ajarkan kepada para peserta pelatihan kuliner yakni Pepes ikan air laut, nasi henunu mowangi, nasi bakar tuna Rica, parande Wakatobi, rolade ayam, sanggara banda, es buah, dan puding.

Dia juga menjelaskan dari beberapa menu yang kami ajarkan ada beberapa menu khas yang tidak ada di Daerah lain. Seperti Nasi henunu mowangi dan parande khusus yang ada di Wakatobi. Sedangkan menu lainya yang standar di gunakan pelaku kuliner dalam segi katering.

“Disini kami akan latih beberapa cara membuat kuliner ada yang biasa untuk di jual oleh para pelaku kuliner, dan ada juga menu yang tidak ada tempat lain selain Wakatobi, ” terangnya.

Safiadi juga berharap kepada Pemerintah Daerah Wakatobi, jika siap untuk dijadikan partner dalam membuat menu ala Wisatawan, seperti menu Western Amerika, sehingga ada perpaduan antara menu khas Wakatobi dan luar Negri.

“Ini merupakan PR bagi kita semua, dimana selama ini banyak wisatawan tidak semuanya menginginkan menu khas daerah tempat berkunjung, sehingga Wakatobi sudah lebih siap dengan menu-menu khusus ala Luar Negeri, ” pungkasnya.

Sementara itu, Salah satu peserta kuliner dari Kecamatan Tomia Wa Rusli mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena selama mengikuti kegiatan banyak ilmu yang didapatkan dalam membuat menu-menu dengan menggunakan olahan bahan khas Daerah kabupaten Wakatobi. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com