satunarasi

BerandaWakatobiBupati Haliana Siapkan 15 M Buat 980 Unit Rumah Program Wakatobi Sentosa...

Bupati Haliana Siapkan 15 M Buat 980 Unit Rumah Program Wakatobi Sentosa 2023

WAKATOBI, SATUNARASI.COM – Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Wakatobi memberikan bantuan stimulan perumahan swadaya untuk 980 unit rumah, di Aula Pesanggaran Kecamatan Wangiwangi Selatan, Sabtu 22 Juli 2023.

Melalui sambutannya, Bupati Wakatobi H. Haliana mengatakan, sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman berdasarkan UUD pasal 1 H ayat 1 yang menegaskan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Selain itu, dalam UUD nomor 1 tahun 2011 tentang perumahan dan pemukiman yang mengamanatkan penyelenggaraan perumahan oleh pemerintah.

“Hal ini dalam rangka mengatasi masalah rumah tidak layak huni dan masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal terutama masyarakat Berpenghasilan Rendah (BPR), ” kata Haliana.

Kader PDI perjuangan itu, menegaskan bahwa pembangunan perumahan harus didukung oleh suatu kebijakan strategi dan program yang komprehensif dan terpadu, sehingga selain mampu memenuhi Hak dasar masyarakat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan yang sehat harmonis aman dan nyaman.

Jelas Haliana perbaikan rumah tidak layak huni melalui program Wakatobi Sentosa masih bertumpu pada anggaran APBN dan APBD provinsi. Namun mulai perubahan anggaran tahun 2021 Pemda Wakatobi mulai menganggarkan APBD Wakatobi sentosa sebesar 1.800.000.000 sebagai bentuk perhatian dan keberpihakan kepada nasyarakat Wakatobi. Pada tahun 2022 kita mendapatkan kuncuran anggaran dari APBN sebesar 2 Miliyar.

“Sedangkan tahun 2022 ini melalui uang daerah kita luncurkan anggaran 5 miliyar lebih untuk perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 224 unit, dan pembangunan rumah baru layak huni sebanyak 95 unit sehingga di tahun 2022 kita sudah 319 RTLH pada 23 Desa dan kelurahan yang ada d Wakatobi, ” Rincinya.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Wakatobi Aswiadi mengatakan, untuk tahun 2023 usaha Bupati Wakatobi Haliana membantu masyarakat Wakatobi dirinya perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebesar 15 Milyar yang bersumber dari APBN dan APBD untuk 980 unit rumah yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Wakatobi.

“Sampai dengan saat ini kita telah terkuncurkan dana 24 milyar lebih untuk sasaran 1.569 dengan rincian 1.451 KK RTLH, 99 KK pembangunan rumah baru dan 23 KK rumah korban bencana, ” jelas Aswiadi.

Lanjut Aswiadi, sejak berdirinya Kabupaten Wakatobi ada dua Desa yang belum tersentuh BSPS.

“Alhamdulillah di zaman pemerintah Haliana sebagai Bupati baru tersentuh, sehingga bisa kita kategorikan bahwa seluruh desa dan kelurahan yang ada du Wakatobi sudah pernah tersentuh dengan BSPS,” tutupnya. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com