satunarasi

BerandaWakatobiKKP Bangun LAB Percontohan Produksi Rumput Laut Kultur Jaringan di Wakatobi

KKP Bangun LAB Percontohan Produksi Rumput Laut Kultur Jaringan di Wakatobi

WAKATOBI,SATUNARASI.COM-Pembangunan gedung Laboratorium (LAB) produksi rumput laut kultur jaringan di Wakatobi akan dijadikan sebagai bahan percontohan Indonesia. Hal ini diungkapkan Direktur Pembenihan Direktorat Jendral (Dirjen) Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nono Hartanto saat peletakan batu pertama, Rabu (22 Juni 2023).

Menurutnya, pembangunan Laboratorium tersebut merupakan pertama kali bagi daerah yang ada di Indonesia. Sebab, pembangunan LAB hanya ada di Unit Pelaksanaan Tehknis (UPT) seperti di Maluku, Takalar, Jepara, Lombok, dan Situbondo. Namun di luar UPT, baru pertama di Wakatobi

“Yang ada di Wakatobi saat ini merupakan yang pertama di Indonesia di luar UPT,” jelas Nono.

Dia berharap agar laboratorium tersebut dapat dipergunakan dengan baik agar pemanfaatan rumput laut di Wakatobi bisa meningkat.

Sementara itu, Bupati Wakatobi H. Haliana mengatakan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Wakatobi mengaku berani menghibahkan tanahnya untuk pendirian Laboratorium. Sebab, jika Laboratorium tersebut selesai, peningkatanpeningkatan pendapatan serta pengelolaan rumput laut semakin meningkat.

“Dengan adanya Laboratorium yang sudah mulai di bangun saat ini, peningkatan sumber daya manusia dari Tiga lini sektor akan berkolaborasi, sehingga kejahteraan masyarakat Wakatobi lebih bisa meningkat, ” harapnya.

Politisi PDIP Wakatobi itu juga menegaskan, harga rumput laut kultur jaringan saat ini semakin meningkat. Melihat potensi petani rumput laut semakin pesat, maka pemerintah Daerah wajib mendukung. Salah satunya merancang dan meminta bantuan ke Kementerian, terkait daerah-daerah yang telah lebih dulu menetapkan kebijakan.

“Baik itu kebijakan dalam bentuk Perbup dan Perda. Yang bisa diadopsi untuk dilaksanakan di Wakatobi. Sehingga dapat memastikan jalannya proyek yang bisa lebih matang, lebih maju dan tidak ada kendala,” tutup Haliana. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com