satunarasi

BerandaWakatobiTerjaring Operasi, 21 TKI Asal Wakatobi Dipulangkan

Terjaring Operasi, 21 TKI Asal Wakatobi Dipulangkan

WAKATOBI,SATUNARASI.COM-Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas UMKM dan Ketenagakerjaan berinisiatif memulangkan puluhan warganya yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), karena dikabarkan tidak mendapatkan jaminan pekerjaan negara tujuan.

Plt. Kadis UMKM Haswan Rahim mengatakan, TKI asal Wakatobi terjaring operasi gabungan dari Mabes Polri dan Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Utara. Olehnya itu, pihaknya melakukan penjemputan setelah mengetahui informasi tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan UUD RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) pasal 41 tentang peran Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi PMI yang dideportasi.

“Dari hasil operasi tersebut terdapat ratusan Warga Indonesia dan sebagian merupakan warga Wakatobi, sehingga Pemda Wakatobi melakukan koordinasi untuk melakukan penjemputan, dan mendapatkan respon positif dari Bupati Wakatobi, H Haliana,” jelas Hasan Rahim dikonfirmasi Rabu, 22 Juni 2023.

Lanjutnya, 21 warga Wakatobi tersebut sebenarnya memiliki Paspor. Namun tidak ada jaminan kerja dari tempat yang mereka tuju. Sehingga dibawa kembali ke daerah asalnya di Wakatobi dan alhamdulillah mendapat respon positif dari Bupati Wakatobi.

Haswan Rahim berharap, kepada calon PMI asal Wakatobi ke depan jika ingin bekerja di luar Negeri, sebelum berangkat ke Negara tujuan harus mengantongi jaminan dari perusahaan yang dituju.

“Sehingga dalam pengurusan rekomendasi paspor di kantor Dinas Koperasi, UMKM dan Tanaga Kerja Kabupaten Wakatobi dapat sesuai dengan tujuan imigran,” harapnya.

Perlu diketahui, penyerahan migran asal kabupaten Wakatobi tersebut terdapat di Desa Komala, Balasuna, Wandoka, Wungka, Liya, Patuno, Koroe, Wanci, serta disaksikan langsung oleh Deputi Bidang Penempatan dan Perlindungan Kawasan Asia dan Afrika Badan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Agustinus Gatot Hermawan. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com