satunarasi

BerandaEdukasiSoal Pencairan Dana BOS, Kepsek SMAN 1 WangiWangi Menjawab

Soal Pencairan Dana BOS, Kepsek SMAN 1 WangiWangi Menjawab

WAKATOBI,SATUNARASI.COM-Kepala SMA Negeri 1 WangiWangi Kabupaten Wakatobi, Yuwono mengklarifikasi soal pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) seperti pemberitaan di salah satu media online.

Saat konfirmasi di ruang kerjanya, Yuwono menjawab bahwa bukan masalah berapa kali pencairan tetapi tahapan pencairan dana BOS, sehingga dirinya mengatakan barusan satu kali dicairkan dari pusat, sehingga menilai hanya kesalahan komunikasi saja.

“Memang baru tahap satu yang dicairkan dari pusat, hanya untuk pencairannya disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, sehingga bendahara sekolah mencairkan lebih dari satu kali. Jadi ini hanya mis komunikasi saja” kata Yuwono dikonfirmasi Selasa, 23 Mei 2023.

Yuwono menegaskan, tahap pencarian Dana Bos baru satu kali yakni pada semester pertama (tahap 1). Hal ini sesuai dengan Permendikbud No 63 tahun 2022 tentang mekanisme Dana Bos reguler yang dulunya penyaluran tiga kali dalam setahun. Namun pada tahun 2023, penyaluran dana Bos terbagi menjadi dua tahap dengan ketentuan berdasarkan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) 204/2022 pasal 21 ayat a dan b.

Terkait SK perbendaharaan lanjutnya, hanya menunggu terealisasinya secara resmi dari Dinas Pendidikan Provinsi, sehingga dalam menunggu jelang pergantian maka proses pencairan masih dilakukan oleh mantan bendahara ( Rina-red).

“Kalau hanya masalah pencairan dari bendahara, saya rasa itu tidak ada masalah. Hanya tinggal menunggu SK yang sah saja dari Dinas Provinsi, sehingga ada dicairkan oleh mantan bendaharanya, ” lanjutnya.

Disisi lain, Bakri juga mengatakan tidak pernah menyampaikan jumlah dana Bos yang dicairkan. Hanya saja proses pencairan yang sudah tiga kali dan mantan bendahara mencairkan anggaran tersebut, apalagi sampai membantah pernyataan kepala sekolah.

“Saya tidak pernah menyebut jumlah anggaran yang sudah kami cairkan, dan saya juga tidak pernah membantah pernyataan pimpinan saya seperti yang disebutkan pada isi berita tersebut” tutpnya. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com