satunarasi

BerandaButon TengahEmpat Usulan, Dewan Tetapkan Tiga Nama Calon Pj Bupati Buteng

Empat Usulan, Dewan Tetapkan Tiga Nama Calon Pj Bupati Buteng

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah melakukan rapat paripurna Calon Penjabat (Pj) Bupati Buteng periode 2023-2024 melalui usulan fraksi, Senin (03/04/2023). Dari lima fraksi di Dewan Buteng, diketahui muncul empat usulan nama.

Fraksi PDIP mengusulkan tiga nama yakni pertama H. Kostantinus Bukide selaku Sekda Buteng, lalu Muhammad Yusup Pj Bupati Buteng saat ini dan La Haruna sebagai Kepala Dinas Pekebunan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sedangkan tiga fraksi lainnya kompak satu suara yaitu PAN, NasDem dan Fraksi Kebangkitan Keadilan mengusul tunggal nama Muhammad Yusup untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Pj Bupati Buteng 2023-2024.

Berbeda dengan fraksi gerakan persatuan bintang karya demokrat, selain mengusulkan Muhammad Yusup
dan H.Kostantinus Bukide juga ada nama baru yakni Drs. Hamrin Ramba, SE., MM yang kini menjabat staf ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sultra.

Dari empat nama calon Pj Bupati sesuai usulan fraksi tersebut, pimpinan DPRD Buteng yang dihadiri Bobi Ertanto dan Adam menyetujui dan menetapkan
tiga nama.

Hal tersebut dibenarkan Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto mengatakan bahwa pada prinsipnya rapat tersebut merupakan rapat masing-masing fraksi terkait usulan nama Pj Bupati Buteng. Hal itu dilakukan berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.2.1.3/173 yang ditujukan pada Ketua DPRD Buton Tengah pada Senin pekan lalu.

“Sebagai balasan surat Mendagri itu kami kerucutkan tiga nama pejabat daerah sesuai usulan fraksi berdasarkan kriteria UU ASN Nomor 10 tahun 2016 yang pertama, Muhammad Yusup, H. Kostantinus Bukide dan La Haruna,” jelas Bobi Ertanto dikonfirmasi usai rapat, Senin (03/04/2023).

Tiga nama itu kemudian akan langsung diusulkan DPRD Buteng melalui surat ke Kemendagri paling lambat 6 April 2023.

“Kami hanya sebatas pengusulan tiga nama itu, persoalan siapa yang akan ditetapkan itu urusan Mendagri,” tutup politisi PDIP itu.

Perlu diketahui, sesuai regulasi bahwa selain DPRD yang mempunyai kewenangan pengusulan tiga calon Pj Bupati, juga termasuk Gubernur dan Mendagri. (adm)

Laporan : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com