satunarasi

BerandaWakatobiNursiddiq Dilantik Jadi Pj Sekda Wakatobi

Nursiddiq Dilantik Jadi Pj Sekda Wakatobi

WAKATOBI, SATUNARASI.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Wakatobi kini berganti. Bupati Wakatobi H. Haliana melantik Nursiddiq sebagai Penjabat (Pj) Sekda yang baru.

Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di ruang kerja Bupati pada Senin, (20/03/2023). Nursiddiq merupakan penjabat eselon II aktif yakni selaku asisten I bidang pemerintahan dan juga sebagai Plt. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Wakatobi.

Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati Wakatobi Nomor 395 Tahun 2023 tentang pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Wakatobi.

Melalui sambutannya, Bupati Wakatobi H. Haliana mengatakan, Pj Sekda sebelumya dijabat oleh Kamaruddin selama 6 bulan dengan satu kali perpanjangan yang juga merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Jabatan Pj Sekda diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 dan secara teknis tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 91 Tahun 2019.

“Pak Kamaruddin hanya bisa menjabat dua kali. Sebenarnya pak Kamaruddin punya peluang tiga kali menjabat Pj Sekda, akan tetapi ada batasannya. Bahwa yang ditunjuk sebagai Pj Sekda minimal satu tahun sebelum batas umur kepegawaian. Karena Pak Kamaruddin tinggal tujuh bulan sudah harus pensiun sebagai ASN, sehingga tidak bisa lagi,” jelas Haliana.

Politisi PDIP menegaskan, sesuai amanat dari kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sultra meminta agar Pemda Wakatobi untuk menelusuri aset-aset daerah dan itu menjadi tugas Pj Sekda.

“Selain itu, saya juga berpesan agar Pj Sekda yang baru dapat melanjutkan evaluasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD),” terangnya.

Senada dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Wakatobi Hasan menerangkan, pengangkatan Pj Sekda diatur dalam Perpres RI Nomor 3 Tahun 2018 pasal 6 huruf C bahwa berusia paling tinggi satu tahun sebelum mencapai batas usia pensiun. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com