satunarasi

BerandaWakatobiTerima Penghargaan UHC Dari Wapres RI, Ini Harapan Bupati Haliana

Terima Penghargaan UHC Dari Wapres RI, Ini Harapan Bupati Haliana

WAKATOBI,SATUNARASI.COM-Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi sukses meraih Universal Health Coverage ( UHC) atau semesta jaminan kesehatan tahun 2023. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin kepada Bupati Wakatobi, H. Haliana.

Capaian UHC Kabupaten Wakatobi terhitung sejak Januari 2023 dengan persentase 100 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Wakatobi atau seluruh warga masyarakat di Kabupaten Wakatobi telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional, Kabupaten Wakatobi juga telah meraih predikat UHC dengan Non Cut Off atau Pemerintah Kabupaten Wakatobi mendapat hak istimewa dalam hal pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang pembiayaannya melalui APBD. Maka status pesertanya akan langsung aktif saat didaftarkan, tidak ada lagi waktu masa tunggu setiap tanggal 01 bulan berikutnya.

Bupati Wakatobi Haliana kepada pewarta satunarasi.com mengatakan, dirinya merasa bangga atas pencapaian Kabupaten Wakatobi untuk meraih penghargaan UHC. Ia mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Baubau yang telah bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Wakatobi bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Wakatobi, tidak ada lagi masyarakat Kabupaten Wakatobi yang tidak dapat mengakses layanan di Fasilitas Kesehatan dengan alasan biaya,” ungkap politisi PDIP Wakatobi itu.

Lanjut, jika ada masyarakat yang belum memiliki ataupun terdaftar sebagai penerima BPJS agar langsung melaporkan ke Dinas Sosial atau BPJS Kesehatan Kabupaten Wakatobi untuk segera dilakukan pendaftaran sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

“Kami juga mendorong fasilitas kesehatan baik difasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) atau faskes maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Wakatobi untuk terus meningkatkan mutu layanan dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional,” jelasnya.

Di juga berharap, kedepan Pemda akan terus memastikan seluruh masyarakat Kabupaten Wakatobi tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Perlu diketahui, Penghargaan UHC tersebut diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/03/2023). (adm)

Penulis : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com