satunarasi

BerandaBaubauBaubau Berhasil Tekan Inflasi, Walikota Monianse : Itu Suatu Prestasi

Baubau Berhasil Tekan Inflasi, Walikota Monianse : Itu Suatu Prestasi

BAUBAU, SATUNARASI.COM – Pemerintah Kota Baubau berhasil menekan laju inflasi per Januari 2023. Sebelumnya inflasi baubau sempat menembus angka 8,9 persen pada Desember 2022 lalu dan bahkan melampaui angka nasional yang hanya 5,51 persen.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Mendagri sempat meminta Pemkot Baubau memaparkan inflasi Kota Baubau per Desember 2022 yang begitu tinggi.

“Pada saat kita mau persentase ternyata inflasi Karangasem lebih tinggi dari kita tetapi dia inflasi harian, sehingga kita tidak jadi presentasi. Tetapi tetap kita dapat warning karena berada diangka 8 persen,” ucap Monianse dikonfirmasi, 04 Februari 2023.

Oleh karena warning Kemendagri itu, pihaknya langsung melakukan upaya-upaya diantaranya mengintervensi pasar dengan mengadakan pasar murah, kontrol harga dan koordinasi lintas sektor.

“Alhamdulillah 1 Januari 2023 berdasarkan data dari statistik Kota Baubau deflasi. Artinya upaya kita berhasil menurunkan angka inflasi dan itu suatu prestasi,” katanya.

Monianse mengaku akan berupaya menjaga posisi saat ini. “Mudah-mudahan ini terus kita jaga karena pada Februari-Maret akan ada gejolak harga, makanya kita akan terus pantau dan melakukan langkah langkah taktis sehingga gejolak harga itu tidak berpengaruh buruk buat perekonomian kita,” tandas Monianse.

Politisi PDIP itu tidak menampik bahwa salah satu penyumbang inflasi tertinggi di kota Baubau adalah tiket pesawat, untuk mengantisipasi itu pihaknya dibukakan ruang oleh Sriwijaya Air untuk berkomunikasi.

“Kita minta supaya ada penerbangan lain di sini. Kita sudah dibukakan ruang dan minggu depan kita akan bertemu pihak Sriwijaya Air di Tangerang. Yah minimal ada penerbangan tambahan di Baubau,” ujarnya.

Dalam pertemuan nanti, Monianse belum berpikir mensubsidi tiket pesawat sebab ia memastikan penerbangan dari Bandara Betoambari tidak akan pernah sepi karena yang akan melalui bandara Betoambari Baubau ada lima Kabupaten selain masyarakat Baubau yakni Kabupaten Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah dan Wakatobi.

“Jadi kita paparkan bahwa tidak disubsidi pun pasti pengguna jasa angkutan tinggi dan itu bisa dibuktikan pada Oktober-Desember dimana dinamika masyarakat cenderung sama menghadapi tahun baru setiap tahunnya, itu harga tiket 1 juta 700 selalu saja full sheet. Karena yang mengisi penerbangan dari Baubau itu enam Kabupaten sehingga kalau kita menambah pun penerbangan tidak akan sepi,” pungkasnya. (adm)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com