satunarasi

BerandaWakatobiRidwan Bae Usul Hentikan Jetliner Wakatobi-Kendari, Bupati Haliana Menjawab

Ridwan Bae Usul Hentikan Jetliner Wakatobi-Kendari, Bupati Haliana Menjawab

WAKATOBI, SATUNARASI.COM-Anggota Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae mengusulkan kapal Jetliner rute Wakatobi-Kendari dihentikan.

Legislator Sultra dari Fraksi Partai Golkar itu menyampaikan hal tersebut saat rapat pembahasan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2022 dan program kerja tahun 2023 bersama Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI) pada 31 Januari 2023 lalu, di Jakarta.

Menurut Ridwan Bae sesuai yang dikutip pada chanel Komisi V DPR-RI, kedatangan kapal Jetliner merugikan perusahaan kapal swasta asal Wakatobi sendiri. Padahal, kapal jetliner diperuntukan buat rute yang tidak dapat dilalui oleh kapal lain, sehingga pasti ada tumpang tindih diantara dua kapal karena jetliner memiliki subsidi.

“Kasihan pengusaha kapal swasta disana, pasti mereka akan kalah saing, karena kapal Jetliner memiliki subsidi, ” ungkap politisi Golkar Sultra itu.

Dia juga meminta kepada Dirjen Perhubungan agar segera mengkaji sebagai perhatian khusus, seandainya rute tersebut menyalahi aturan maka segera dihentikan.

“Mohon pak Dirjen perhatianya untuk dicermati bahwasanya rute tersebut menyalahi aturan agar segera dihentikan, akan tetapi kalau tidak, maka tidak apa-apa, ” tegas mantan Bupati Muna dua periode itu.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Wakatobi H. Haliana mengatakan, kedatangan kapal Jetliner Wanci-Kendari untuk menyanggupi janji politiknya. Semua demi membantu dan meringankan beban masyarakat akan mendatangkan kapal murah di Kabupaten Wakatobi.

“Ini sudah janji politik saya, bahwa akan ada kapal murah untuk masyarakat Wakatobi,” kata Haliana.

Politisi PDIP itu juga menegaskan, selain Jetliner dirinya sudah pernah mendatangkan kapal Cantika untuk pelayanan rute Wanci-Ereke-Kendari. Namun tidak bertahan lama, karena ada oknum tertentu menginginkan kapal berhenti beroperasi.

“Dulu pernah ada kapal Cantika dengan tarif yang bisa dijangkau masyarakat Wakatobi, akan tetapi tidak bertahan lama, karena ada oknum-oknum yang menginginkan kapal tersebut berhenti beroperasi, ” terangnya.

Dirinya juga berkata, kedatangan kapal jetliner jangan dijadikan sebagai saingan. Akan tetapi sebagai Bupati Wakatobi saat ini, hanya bekerja untuk membantu mengurangi beban masyarakat, dalam hal pelayanan kapal murah.

“Semua itu kita serahkan ke masyarakat sendiri, biarlah mereka memilih dan menentukan alternatif mana yang akan mereka gunakan untuk ke Kendari, ” tegas Haliana. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com