satunarasi

BerandaWakatobiLoloskan PPS Terindikasi Pengurus Parpol, KPU Wakatobi Tak Teliti

Loloskan PPS Terindikasi Pengurus Parpol, KPU Wakatobi Tak Teliti

WAKATOBI, SATUNARASI. COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi tampaknya kurang teliti dalam seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pasalnya, Anggota PPS yang dinyatakan lolos sesuai pengumuman KPU No. 04/PP.04.1-BA/7404/2023 tertanggal 12 Januari 2023 yang dirilis 18 Januari terdapat tiga anggota PPS dinyatakan terafiliasi pengurus Partai Politik (Parpol).

Akibat kelalaian tersebut, Ketua KPU Wakatobi Abdul Rajab mengaku tiga nama yang di maksud sudah diberhentikan. Pihaknya, langsung menggelar pleno dan merubah pengumuman setelah mendapat masukan dan tanggapan masyarakat pada 20 Januari 2023.

“Tiga orang tersebut sudah diberhentikan dan kami lakukan pleno ulang pada 20 Januari dan kami juga lakukan pelantikan ulang, ” kata Abdul Rajab dikonfirmasi via WhatsAppnya.

Anehnya, saat ditanyakan terkait keanggotaan ke tiganya sebagai pengurus parpol, Rajab menegaskan KPU tidak temukan sebagai pengurus salah satu Parpol pada Sipol KPU. Hanya mengambil tanggapan dan saran dari masyarakat, sehingga KPU lakukan tindakan PAW (Pergantian Antar Waktu).

“Kami sudah kroscek tidak ada dalam Sipol, hanya karena adanya tanggapan masyarakat itu,” tegas Alumni STAIN Sultan Qaimuddin Kendari itu.

Rajab juga mengatakan perekrutan penyelenggara pihaknya berpatokan pada PKPU dan juknis terkait perekrutan badan edhock.

Pasalnya, pada PKPU No 504/PP.04.1-Pu/3507/2022 tentang seleksi calon anggota untuk pemilihan umum tahun 2024 ayat E, ada persyaratan tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com