satunarasi

BerandaButon SelatanPeringati HKN ke-58, Panitia Turunkan 22 Dokter Layani Pengobatan Gratis di Busel

Peringati HKN ke-58, Panitia Turunkan 22 Dokter Layani Pengobatan Gratis di Busel

BUTON SELATAN, SATUNARASI.COM – Memperingati Hari Jadi Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 setiap12 November, panitia HKN memberikan layanan kesehatan kepada ratusan warga di Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan (Busel).

Ketua Panitia (Ketupat) HKN, La Rumu mengatakan, untuk mendukung suksesnya kegiatan mengusung tema “Berbakti Untuk Negeri, Mengabdi untuk Rakyat”. Dalam kegiatan itu, pihaknya menggandeng 22 dokter yakni 14 dokter umum dan delapan dokter spesialis.

“Jadi berhasil dilayani sekitar 150 pasien yang langsung diperiksa dan diberi pengobatan dasar melalui poli penyakit dalam, THT (Telingah, Hidung, Tenggorokan) Anak, Obgyn (kandungan), radiologi, bedah, anastesi dan aestetik termasuk mata,” ielas La Rumu kepada Wartawan, Sabtu (5/11/2022).

Kata dia, selain di Kecamatan Kadatua, kegiatan serupa juga dilakukan pada 26 Oktober lalu. Hal itu bekerjasama dengan Puskesmas se-Kabupaten Busel yang secara serentak. Pihaknya telah melaksanakan pemberian tablet tambah darah untuk Remaja Putri (Rematri). Olehnya itu,
La Rumu mengimbau kerjasama kepada semua pihak mensukseskan kegiatan tersebut.

“Selain panitia yang mempersiapkan koordinasi kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Buton dan Baubau agar merekomendasikan delapan dokter spesialis dan 14 dokter umunya untuk turut andil pada kegiatan ini, kita juga imbau seluruh staf puskesmas untuk menyiapkan sarana dan prasaranya termasuk semua pemerintah kecamatan dan desa agar turut menginformasikan warganya memerikasakan kesehatannya” harapnya.

Sementara itu, Ketua IDI Cabang Buton dr. Elwin Sp. Rad dan perwakilan IDI Baubau, dr. Taliyah Sp. THT mengucapkan terimakasihnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Busel yang sudah diikutkan berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan itu.

Camat Kecamatan Kadatua, La Ode Emarudin Asnawi yang diamini Kapus Puskesmas Kadatua, Wa Ode Muslimat juga mengucapan terimakasih kepada semua unsur yang telah melaksanakan kegiatan ini. Sebab, keberadaan sejumlah dokter yang praktek langsung di wilayah administrasinya menjadi nilai tambahan tersendiri.

“Kita harap, momentum hari kesehatan Nasional seperti ini dapat berkesinambungan agar sentuhan para dokter spesialis bisa langsung dirasakan para pasien yang memang masih terkendala jarak untuk ke ibukota guna berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan dasar. Apalagi, Kecamatan Kadatua dengan jumlah 10 desa yang dipisahkan lautan
dari ibukota dan ditempuh dengan perahu bermesin” tutupnya. (adm)

Laporan : Zarmin

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com