satunarasi

BerandaWakatobiLegislator PBB Wakatobi Sosper di Pulau Kaledupa

Legislator PBB Wakatobi Sosper di Pulau Kaledupa

WAKATOBI, SATUNARASI COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wakatobi, Haerudin Daud menggelar sosialisasi peraturan Daerah (Sosper) nomor 6 tahun 2021 tentang pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa.

Legislator asal Partai Bulan Bintang (PBB) itu melakukan sosialisasi di Desa Waduri Kecamatan Kaledua, Rabu 5 Oktober 2022.

Haerudin Daud mengatakan, untuk melaksanakan ketentuan Pasal 50 ayat (2) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Pasal 13 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 83 Tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sebagaimana telah diubah dengan Permendagri nomor 67 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri dipandang perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

“Perlu kita sadari bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud harus ada penetapan Peraturan Daerah tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa,” jelas Haerudin.

Lebih lanjut, Haerudin menegaskan bahwa dalam regulasi Permendagri itu Pasal 17 ayat (1) bahwa perangkat desa berhenti karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri dan diberhentikan. Penegasan pasal, perangkat desa diberhentikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf C karena usia telah genap 60 tahun, sebagai terpidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun kurungan berdasarkan Keputusan Pengadilan yang inkracht, berhalangan tetap, tidak lagi memenuhi persyaratan dan melanggar larangan sebagai perangkat desa.

“Semua sudah tertera dalam undang-undang, jadi tidak perlu kita membuat aturan sendiri,” terangnya.

Sedangkan pada ayat (3) Pemberhentian Perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a, dan huruf b, ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa dan disampaikan kepada Camat paling lambat 14 (empat belas) hari setelah ditetapkan.

“Pemberhentian Perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c wajib dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Camat,” tutupnya.

Amatan pewarta satunarasi.com, selama berjalannya Sosper, Haerudin juga berdiskusi langsung bersama masyarakat desa bersama Ketua DPC PBB Wakatobi, Ramil dan pendamping Munsir. (adm)

Penulis : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com