satunarasi

BerandaButon TengahMenkop UKM Tinjau Semua Potensi UMKM Buteng, Ali Mazi Puji Kehebatan Lobi...

Menkop UKM Tinjau Semua Potensi UMKM Buteng, Ali Mazi Puji Kehebatan Lobi Pj Bupati

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  (Menkop, dan UKM) RI, Teten Masduki mengaku betah usai meninjau semua potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (10/09/2022).

Kedatangannya di negeri seribu goa itu didampingi oleh Deputi  Bidang Usaha Kecil dan Menengah R.S. Hanung Harimba Rachman. Juga turut hadir Gubernur Sultra, H. Ali Mazi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Asrun Lio dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra.

Walikota Baubau, Ahmad Monianse serta Pj Bupati Buton Drs. Basiran juga terlihat hadir. Termasuk sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, Dandim 1413 Buton Letkol ARM Muhammad Faozan, perwakilan Kejari Buton.

Hadirnya  Teten Masduki tidak lain atas undangan Pemerintah Daerah (Pemda) Buteng di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Buteng, Muhammad Yusup, karena salah satu program prioritasnya terkait pemberdayaan koperasi dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di otoritanya.

Teten Masduki tiba di Buteng dari Kota  Baubau melalui jalur laut dan kapal sandar di pelabuhan rakyat Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah. Kedatangannya disambut hangat masyarakat Buteng.  Kunjungan perdananya, melihat perusahaan pengolahan ikan teri di Desa Terapung Kecamatan Mawasangka. Lalu bergerak menuju Desa Wakambangura I meninjau langsung potensi budidaya lobster.

Lalu bertolak menuju destinasi wisata andalan Buteng yakni pantai Mutiara guna melakukan dialog publik dengan masyarakat, sekaligus acara pesta adat pekande-kandea (makan-makan). Sesuai agenda, Teten Masduki juga tak luput mengunjungi kampung tenun Desa Gumanano.

Dilanjutkan dengan acara puncak yakni pameran UMKM dengan tema semarak kemerdekaan koperasi yang digelar di Kelurahan Lakorua Kecamatan Mawangka Tengah.  Lalu bergeser di Perusahaan pengolahan jambu mete di Kecamatan Lakudo. Sebagai penutup, malam harinya dilakukan acara gala dinner di rumah jabatan (Rujab) Bupati Buteng.

Melalui sambutannya di hadapan masyarakat di Desa Wakambangura I, Teten Masduki merasa bangga dan senang bisa hadir di tengah masyarakat Buteng yang disambut dengan penuh kehangatan dan antusias.

Ketgam : Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI, Teten Masduki bersama Gubernur Sultra Ali Mazi, Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup, Pimpinan DPRD Buteng Bobi Ertanto dan Suharman usai meninjau budidaya lobster di Desa Wakambangura I Kacamatan Mawasangka, Sabtu (10/09/2022)

Menariknya, Teten Masduki bersama Gubernur Sultra dan Pj Bupati Buteng turun di laut melihat langsung keramba sebagai tempat budidaya lobster.  Bahkan mengaku kaget saat nelayan memperlihatkan bibit lobster yang begitu mudah di dapatkan saat menyelam di dasar laut.

“Saya merasa senang sekali bisa hadir di Desa ini dan sudah melihat bagaimana budidaya lobster. Saya dengan Gubernur  lihat bibit lobster sangat melimpah di dasar laut. Ini  potensi ekonominya sangat besar,” kata Teten Masduki dalam sambutannya didampingi Deputi Bidang UMKM, Gubernur Sultra, Pj Bupati Buteng, dan pimpinan DPRD Buteng, Bobi Ertanto dan Suharman.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu mengaku potensi lobster Buton Tengah sangat baik jika di kelola dengan serius. Banyaknya bibit lobster menurut Teten Masduki menjadi keunggulan daerah, dan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Inilah keunggulan domestik kita. Sektor ekonomi nelayan dapat meningkat pesat jika kita garap dengan benar,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Penasihat Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) periode 2017-2022 juga mengaku akan menyampaikan potensi lobster Buteng kepada Manteri Kelauatan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono. Hal itu sebagai tindak lanjut pasca kunjungannya di Buteng.

“Saya bersahabat dengan Manteri Kelauatan dan Perikanan dan saya akan sampaikan potensi ini. Jadi terimakasih kepada masyarakat Buteng sudah diterima kami dengan hangat, kali ini saya langsung betah. Nanti bersama Gubernur akan kirim tim untuk mengembangkan ekonomi di sini,” janjinya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Ali Mazi
memuji Menkop, dan UKM karena selama menjabat sudah dua kali berkunjung di Sulawesi Tenggara. Bahkan di Buteng hari ini Teten Masduki langsung memboyong isterinya.

“Selama menjadi Gebernur, pak Manteri sudah dua kali berkunjung dan tidak tanggung-tanggung langsung di tempat tujuan melihat kondisi lapangan. Alhamdulillah hari ini pak Meteri datang dengan ibu dan hadir juga Deputi untuk melihat potensi UMKM pada semua sektor di Buton Tengah,” puji Ali Mazi.

Ketua DPW NasDem Sultra itu mengucapkan rasa terimakasih kepada Manteri Koperasi bahwa arti kehadirannya bisa membawa dan memberikan rezeki serta berkah buat masyarakat Buton Tengah. Pasalnya, jika sudah sampai di Jakarta pasti seorang Menteri akan melapor pada Presiden
terkait hasil kunjungannya.

“Sampai di Jakarta  ada rapat kerja dengan Presiden pasti pak Manteri menyampaikan ini. Itulah berkahnya, mudah-mudahan pengembangan budidaya lobster manjadi salah satu pilot project kita di Sultra,” harap Gubernur dua periode itu.

Selain pengolahan ikan teri dan budidaya lobster, Ali Mazi juga berharap ada perhatian dari sektor budidaya dan pembibitan rumput laut, karena itu juga menjadi salah satu potensi banyak ditekuni masyarakat Buteng.  Juga bantuan bibit kelapa yang produktif untuk memacu perekonomian.

Bahkan dalam kesempatan yang sama, Ali Mazi juga memuji gebrakan dan usaha Pj Bupati Buteng yang telah mampu menghadirkan Menteri. Pasalnya, ditengah kesibukan seorang Menteri, dapat meluangkan waktu untuk berkunjung di Buton Tengah. Sebab, selama daerah ini mekar menjadi DOB sejak 2014 lalu, Buteng baru pertama kali dikunjungi pejabat sekelas Menteri.

“Inilah kecerdasan Pj Bupati, di tengah kesibukan pak Menteri bisa hadir di Buteng. Entah bagaimana lobinya, PJ Bupati mampu hadirkan menteri dan Ini luar biasa. Mudah-mudahan ada bantuan, jangan ragu-ragu kalau ada masyarakat yang ingin program sampaikan ke Bupati lalu ke Gubernur, kalau tidak mampu tinggal saya melapor ke Menteri,” tutup Ali Mazi. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com