satunarasi

BerandaButon TengahProgram Merdeka Pangan Sukses, Bupati Wakatobi Panen Bersama Gapoktan

Program Merdeka Pangan Sukses, Bupati Wakatobi Panen Bersama Gapoktan

WAKATOBI, SATUNATASI.COM – Bupati Wakatobi H. Haliana melakukan panen bawang merah bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Pada Raya Makmur, Jumat 9 September 2022.

Program merdeka pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi itu sebelumnya menyiapkan bibit unggul yang diberikan kepada masyarakat petani.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Wakatobi Ir. Tamrin mengatakan, Gapoktan merupakan gabungan dari dua kelompok Tani yang ada di Desa Pada Raya Makmur. Ada kelompok bawang maju dan kelompok bawang sukses, yang kemudian dijadikan satu kelompok tani. Luas lahan yang digarap 0,11 hektare dan pembibitan sebanyak 300 kilogram. Sehingga, masing-masing kelompok tani mendapatkan hasil panen mencapai 1,7 ton.

“Pemda Wakatobi melalui Dinas pertanian menyuplai bibit sebanyak 300 kilogram. Jadi masing kelompok itu kami berikan bibit sebanyak 150 kllilogram dan mendapatkan hasil sebanyak 1,7 ton,” ungkapnya.

Lanjut Tamrin, kelompok Tani yang sudah terdaftar sebanyak 50 kelompok. Akan tetapi yang memenuhi syarat sesuai kriteria sebanyak 30 kelompok yang tersebar di tiga pulau di Wakatobi. Hingga saat ini, sudah beberapa kelompok yang panen, seperti di Pulau Kapota, Desa Wungka, Komala, dan juga di pulau Tomia dan Kaledupa.

“Jika sudah seperti itu, maka program merdeka pangan saya bisa nyatakan sukses, karena sudah ada beberapa kelompok yang panen salah satunya hari ini di Desa Pada Raya Makmur, ” tuturnya.

Senada dikatakan Ketua kelompok bawang maju Wa Sawarina mengatakan, ini merupakan pertama kalinya menanam bawang merah dan hasilnya sangat luar biasa.

“Pasca mencoba menanam bawang merah, kami bersama kelompok berkomitmen untuk melanjutkan penanaman bawang merah. Selain hasilnya yang sangat memuaskan, juga dapat membantu kebutuhan khususnya yang ada di pulau Wangi-wangi, dan rencana akan menambah lahanya lagi untuk menanam bawang merah,” ucapnya.

Wa Sawarina berharap, seluruh kebutuhan yang diajukan dapat terealisasi oleh pemerintah Daerah demi perkembangan kelompok bawang merah yang ada di wilayahnya.

Amatan, pewarta satunarasi.com, selama panen Bupati Wakatobi membantu petani memanen bawang merah dan selalu berdiskusi dengan para petani. Hadir pula kepala Dinas Pertanian, para penyuluh, dan satgas Pertanian. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com