satunarasi

BerandaWakatobiMomen Hari Jadi Barata Kahedupa, Bupati Haliana Gaungkan Kebersamaan

Momen Hari Jadi Barata Kahedupa, Bupati Haliana Gaungkan Kebersamaan

WAKATOBI, SATUNARASI.COM – Barata Kahedupa merupakan kerajaan yang berdiri pada tahun 1260 Masehi yang berpusat di keraton Palea dan menganut ideologi Gau Satoto dan falsafa Tara Turu Toro. Pada tahun 1056 Hijriah, kerajaan mulai itu bergabung dengan Kesultanan Buton yang di pimpin oleh 10 Raja dan 24 Lakina Kahedupa.

Pasca kemerdekaan tahun 1960, kelembagaan Kahedupa sempat vakum selama 54 tahun di masa pemerintahan Lakina Barata Kahedupa yang ke- 22. Kemudian pada 7 Agustus 2014, pemerintah Kabupaten Wakatobi berinisiasi melestarikan kembali lembaga adat Barata Kahedupa.

Tepat pada 7 Agustus 2022 , Barata Kahedupa merayakan hari jadinya bertempat di Baruga Kamali Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi yang dihadiri langsung Bupati Wakatobi H. Haliana.

Melalui sambutannya, Bupati Haliana mengatakan tanpa adanya lembaga adat, pemerintah Wakatobi tidak bisa maju. Pasalnya, sebagai Daerah yang berada pada wilayah adat, sangat mengharapkan peran-peran lembaga adat untuk bersinergi dengan pemerintah.

“Semuanya tidak bisa berjalan sendiri, jadi perlu adanya kerjasama, ” ungkap politisi PDIP itu.

Dia juga menegaskan kepada pemerintah Kecamatan Kaledupa agar selalu memperhatikan keperluan lembaga Barata Kahedupa. Itu bertujuan agar seluruh akfititas pemerintah dan kelembagaan adat bisa saling melengkapi.

“Semua keperluan lembaga adat di Kaledupa pak Camat nanti diperhatikan, ” tegas Haliana kepada camat Kaledupa di hadapan tokoh adat. (adm)

Laporan : Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com