satunarasi

BerandaBaubauSosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Ketua KPU Baubau : Ada Hal...

Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Ketua KPU Baubau : Ada Hal Berbeda Dalam Pemilu 2024

BAUBAU, SATUNARASI.COM – Menghadapi Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau menggelar sosialisasi tahapan terkait PKPU Nomor 4 tahun 2022 tentang pendaftaran, varifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu serta pengenalan fungsi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Kegiatan dihadiri semua Komisioner KPU Kota Baubau, juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Kesbangpol serta para pimpinan media cetak dan elektronik yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Baubau, Kamis malam (04/08/2022).

Melalui sambutannya, Ketua KPUD Kota Baubau, Edi Sabara mengungkapkan tahapan Pemilu 2024 saat ini telah memasuki pendaftaran Parpol peserta pemilu yang dimulai 1-14 Agustus 2022.

Pelaksanaan Pemilu hingga saat ini sudah berlangsung sebanyak 19 kali dan berbagai dinamika yang berkembang di setiap pelaksanaannya. Namun, dalam tahapan Pemilu 2024 mendatang ada mekanisme yang berbeda degan Pemilu-Pemilu sebelumnya.

“Ada hal yang berbeda, salah satunya pendaftaran Parpol. Kalau Pemilu 2019 lalu, pendaftan dilakukan di pusat (KPU RI) dan di daerah (KPUD) dengan membawah dokumen, saat ini pendaftaran hanya berpusat di KPU RI dan daerah hanya menerima konsultasi mengenai pendaftran dan perarturan KPU,” paparnya.

Kendati demikian, Edi Sabara mengaku pihaknya punya tekad untuk siap melayani dan bekerja selama 24 jam dan sesuai tanggal kalender. Komitemen KPU Kota Baubau siap melaksanakan pemilu dengan baik, karena Pemilu 2019 adalah pembelajaran akan menjadi pengalaman utk sukesnya Pemilu 2024 nanti.

“Kami selaku penyelenggara berharap dengan sosialisasi ini akan bermanfaat buat para peserta Pemilu dan masyarakat secara umum. KPU siap menyelenggarankan dan mensukseskan semua tahapan Pemilu hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari 2024 nanti,” tuturnya.

Saat ini sudah ada 40 Partai yang mengambil akun Sipol dan sudah ada 14 parpol yang menginput 100 persen data Sipol. Sehingga dihari ke empat hingga hari ini, sudah ada 11 Parpol yang mendaftar di KPU RI dam 8 parpol dinyatakan lengkap dan 3 parpol belum dinyatakan belum lengkap. (adm)

Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com