satunarasi

BerandaButon TengahProgram Cerdas Kades Lagili, Genjot PADes Buat Beasiswa Pelajar

Program Cerdas Kades Lagili, Genjot PADes Buat Beasiswa Pelajar

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Gebrakan cerdas yang patut diapresiasi. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Lagili Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buton Tengah Sulawesi Tenggara (Sultra) mampu menciptakan Pendapatan Asli Desa (PADes). Menariknya, Kepala Desa Lagili Tamsir mengalokasikan sebagian PADes buat beasiswa pelajar di otoritanya.

Program beasiswa berprestasi yang diberikan kepada pelajar jarang terjadi di Desa lainnya terkhusus wilayah Kabupaten Buton Tengah. Di bawah komando Tamsir, Desa Lagili membuat terobosan perdana semenjak memimpin.

“Karena ini program perdana, kami siapkan anggaran Rp7.530.000. Jumlah anggaran ini sebenarnya tergantung PADes, semoga tahun depan semakin meningkat,” harap Tamsir.

Anggaran beasiswa tersebut, telah disalurkan pada warganya, Minggu (31/07/2022). Menurut Tamsir, alokasi pemberian beasiswa dananya bersumber dari PADes hasil pengelolaan Bumdes.

“Jadi dana dari hasil Bumdes itu kita peruntukan buat 31 pelajar untuk bantuan pendidikan,” terangnya.

Program bantuan pendidikan itu dibagi pada anak-anak Desa Lagili yang sedang menempuh pendidikan. Mulai siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), hingga Mahasiswa pada Jenjang Perguruan Tinggi, namun dengan syarat tertentu.

“Syaratnya bagi pelajar yang mendapatkan rangking satu, dua dan tiga. Lagi untuk mahasiswa mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.5 skala 4.0,” ungkapnya.

Awalnya, program bantuan beasiswa berprestasi tersebut kata Tamsir sebenarnya digodok melalui Dana Desa (DD). Tetapi belum mengantongi izin dari Pemda terkait regulasi Perbup. Olehnya itu, sebagai alternatif Pemdes Lagili menggunakan Pendapatan Asli Desa. Walaupun jumlah dana tersebut belum signifikan, tetapi cukup mendongkrak semangat pelajar maupun mahasiswa penerima.

“Selama saya memimpin, program ini akan terus saya gaungkan dan jalankan demi masa depan desa kami karena saya yakin desa bisa maju salah satu faktor yang paling penting adalah pendidikan,” janjinya.

Terakhir, Tamsir berharap bemberian beasiswa pendidikan kedepannya bisa diakomodir melalui Dana Desa, sehingga anak-anak yang ada di Desa mempunyai motivasi yang tinggi untuk menempuh pendidikan dan berprestasi.

“Saya harap Dana Desa (DD) sudah saatnya tidak terkonsentrasi pada pembangunan fisik tapi juga non fisik terutama pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pendidikan,” tutupnya. (adm)

Laporan: Suadi
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com