satunarasi

BerandaButon14 Terobosan Program Kejari Buton, Terbaru Launching Wadah Adhyaksa Sahabat Guru

14 Terobosan Program Kejari Buton, Terbaru Launching Wadah Adhyaksa Sahabat Guru

BUTON, SATUNARASI.COM – Berbagai terobosan program Kejaksaan Negeri (Kejari) Buton dibawah kendali Ledrik Victor Mesak Takaendengan, SH., MH. Selain 14 program yang telah dirilis, kini mensosialisasikan Wadah Adhyaksa Sahabat Guru (WASARU).

Program itu diyakni bernuasa kearifan lokal sebagaimana lainnya. WASARU dicetuskan hari ini,
Selasa, 2 Agustus 2022 tepat satu tahun kepemimpinam Ledrik Victor Mesak Takaendengan mengemban amanah sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buton.

Dijelaskan, kronim WASARU tentu punya makna kearifan. Diawali kata “WA” yang sejak ratusan tahun silam sampai sekarang banyak digunakan sebagai nama  perempuan warga di jazirah Kepulauan Buton. Penduduk eks Kesultanan Buton kerap mengawali kata “WA” bila menyebutkan atau memanggil nama seorang perempuan dalam sebuah perbincangan.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Buton, Azer J Orno, SH., MH memimpin langsung jajarannya dalam sosialisasi WASARU ini.
Terobosan program ini, sejak resmi dilaunching beberapa bulan lalu telah rutin disosialisasikan.

Bertempat di SMAN 1 Pasarwajo, sosialisasi dihadiri sekitar 30 Guru dan para Kepala Sekolah. “Hari ini kami menyosialisasikan WASARU, dan penggunaan aplikasi WASARU. Puji syukur disambut baik bapak ibu kepala sekolah dan guru yang kami hormati,” kata Azer J Orno.

Pihaknya berharap melalui WASARU, Jaksa bersama para Insan Penggerak/Pegiat Pendidikan di Buton bisa senantiasa dalam kebersamaan dan bersinergi. Khususnya dalam pencegahan pelanggaran hukum dalam bidang pendidikan.

Giat ini juga, Kejari Buton fokus memberikan pemahaman tentang pengelolaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) yang baik. Juga perpustakaan digital untuk para guru, tentang pemahaman hukum.

“Hadirnya WASARU diharapkan dapat berimplikasi dalam meningkatkan mutu pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM) di Negeri Penghasil Aspal terbaik dan terbanyak di dunia ini,” terangnya.

Perlu diketahui, selain WASARU, 14 program bernuansa kearifan lokal yang telah digagas, yakni LABUTON, LASAMAJI, LAPEGADI, LAJADA, LAHAJA, LADUMA TIPIKOR, LATINGLING, LAABBU, LAHUGA, LAPEDI, LAKASIDA, WA SARU, NGOPI WABAJA, dan terakhir WASA’ADHY. (adm)

Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com