satunarasi

BerandaWakatobiMayoritas Fraksi DPRD Wakatobi Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2021

Mayoritas Fraksi DPRD Wakatobi Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2021

WAKATOBI, SATUNATASI.COM – Mayoritas Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wakatobi menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Hal tersebut dilakukan melalui rapat paripurna yang dihadiri 13 orang dari 25 anggota DPRD Wakatobi serta perwakilan pemerintah daerah seperti Sekretaris Daerah (Sekda) dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Senin, (25/7/2022).

Empat dari lima fraksi di DPRD menyetujui Raperda yakni fraksi Nasional Demokrat (NasDem), fraksi Gerakan Bintang Amanat Rakyat (Gebar), fraksi Nurani Demokrat, dan fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang disampaikan dalam pemandangan umum fraksi-fraksi dan Badan Anggaran (Banggar).

Juru bicara fraksi NasDem Jamal memberikan beberapa catatan kepada Pemerintah daerah (Pemda), terkait dengan peningkatan kualitas layanan publik, penataan infrastruktur, transparansi pengelolaan keuangan.

Fraksi NasDem juga menekankan dan mendorong Pemda untuk melakukan terobosan-terobosan dalam pemanfaatan APBD dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) baik dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pariwisata, perikanan, pertanian, dan ekonomi kreatif.

“Kami dari fraksi NasDem menyatakan setuju dengan Raperda Kabupaten Wakatobi, tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya sesuai dengan mekanisme perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Bupati Wakatobi H. Haliana melalui Sekda La Jumadin mengatakan, Pemda menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Wakatobi. Sejalan dengan itu, Sekda menanggapi saran dan pendapat dari Banggar dan fraksi-fraksi yang telah memberi apresiasi kepada Pemda.

Atas kinerja pengelolaan keuangan tahun 2021 yang berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas laporan Pemda, yang memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih delapan kali berturut-turut.

“Pemda Wakatobi mengucapkan terima kasih, karena hal ini tidak terlepas dari peran anggota DPRD, dalam memberikan saran dan rekomendasi, terhadap kesempurnaan pengelolaan daerah. Sehingga kinerja pengelolaan keuangan kita dapat tercapai sesuai dengan harapan yang kita dambakan bersama,” pungkasnya.

Menanggapi catatan fraksi NasDem, La Jumadin menyatakan jika ke depan Pemda dalam melaksanakan pengelolaan keuangan akan lebih memperhatikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan sesuai amanat undang-undang. (adm)

Laporan: Udin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com