satunarasi

BerandaButon TengahParipurna Dewan Buteng : Enam Fokus Program Pj Bupati Dalam Karya Nyata...

Paripurna Dewan Buteng : Enam Fokus Program Pj Bupati Dalam Karya Nyata Yang Produktif

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Pidato Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup di ruang rapat paripurna DPRD, menjadi salah satu rangkain Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8. Dihadapan Dewan terhormat, enam fokus program Pj Bupati yang harus didukung agar menjadi karya nyata yang produktif.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto, S.Pd., MH bersama Wakil Ketua I Adam S.Ag, Wakil Ketua II Suharman, S.Pd., M.Si dan seluruh anggota Dewan pada Sabtu, (23/07/2022).

Hadir para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Buteng. Juga tamu undangan seperti Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, Dandim 1413 Buton Letkol ARM Muhammad Faozan, Ketua KONI Buteng La Andi, S.Sos serta komisioner KPUD dan Bawaslu Buteng, Ketua KNPI Buteng, Firman Kasim. Termasuk para Camat, Lurah, Kepala Desa se Buteng dan tokoh masyarakat, tokoh adat serta tokoh agama.

Mengawali pidatonya, Muhammad Yusup mengatakan bahwa tepat hari ini (23/07/2022) Kabupaten Buton Tengah berusia delapan tahun. Tentu memiliki rentang perjalanan yang masi seumur jagung. Namun telah menjelma menjadi daerah yang dapat mensejajarkan dirinya dengan Kabupaten lain bertujuan demi kesejehteraan masyarakat.

“Kita wajib bersyukur menjadikan hari lahir Buteng sebagai inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan karya dan prestasi. Lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja-kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik lagi,” icapnya.

Kepala Badan BPBD Sultra mengharapkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Buton Tengah, hendaknya terpatri dalam dada. Tercermin dalam sikap harus termanifestasi dalam kerja iklas, dan kerja cerdas sesuai potensi dan profesi masing-masing,  sehingga slogan tersebut dapat menjelma dalam implementasi dan karya nyata.

Yoker panggilan karib Muhammad Yusup menegaskan, melalui tema HUT Buteng ke-8 “Maju Bersama Pariwisata Dalam Kolaborasi Pentahelix” memiliki makna bahwa dalam membangun daerah membutuhkan peran kerja sama seluruh elemen masyarakat baik itu dari akademisi, badan usaha, komunitas, pemerintah dan media. Tujuannya untuk mengembangkan inovasi pengetahuan yang memiliki potensi produk maupun jasa yang bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita harapkan kedepannya melalui pola kemitraan melibatkan peran berbagai pihak dapat terwujud Sustainable (Berkelanjutan), Davelopment Goals (Tujuan Pengembangan) dalam mencapai percepatan pembangunan ekonomi, ketahanan pangan dan energi, kesejahteraan dan perbaikan lingkungan hidup,” Imbuhnya.

Dia tak lupa memaparkan enam misi pembangunan yang merupakan interpretasi operasional dalam rencana pembangunan daerah di Buteng meliputi, pertama mengembangkan sarana dan prasarana pembangunan yang dapat mendukung pengembangan ekonomi wilayah, kedua mewujudkan sumber daya manusia yang berakhlak dan berdaya saing, ketiga mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada potensi agraris dan maritim.

“Lalu keempat, mewujudkan tata pemerintahan yang baik, demokratis dan partisipatif, kelima mendorong pengelolaan SDA secara efisien untuk menjamin kelanjutan pembangunan dan menjaga keseimbangan lingkungan dan keenam meningkatkan pendayagunaan sumberdaya kelautan dan pulau-pulau kecil. Inilah garis besar pembangunan yang akan dilaksankan selama tiga tahun pemerintahan dan akan kami maksimalkan dalam setahun kepemimpinan saya serta disesuaikan kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Melalui kesempatan itu, Muhammad Yusup berharap pada pimpinan dan anggota dewan agar infomasi dan keterangan yang disampaikan dapat dijadikan evaluasi dan masukan terhadap pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selama kurun waktu setahun kedepan.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD atas penyelenggaraan sidang paripurna istimewa ini. Terimakasih juga kepada seluruh masyarakat atas kepercayaan kepada kami dalam menjalankan tugas pemerintahan,” tutupnya.

Melalui kesempatan yang sama, Ketua DPRD Buton Tengah Bobi Ertanto mengatakan capaian pembangunan daerah yang diraih pada usia 8 tahum Buton Tengah merupakan berkat kerja keras semua komponen. Namun demikian apa yang diperoleh saat ini masi banyak yang harus dikerjakan, baik itu pengembangan SDM berdaya saing, pembangunan infrastruktur dan potensi daerah untuk dikembangan kearah lebih baik.

“Jadi melalui momentum HUT ke-8 ini mengajak kita semua untuk ikut berperan serta membangun daerah. Semoga melalui inovasi pembangunan yang terus digalakkan disegala sektor dan kini telah dijalankan dapat meningkat kualitas hidup serta menciptakan pembangunan berkelanjutan dengan kaloborasi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk kemajuan daerah,” kata Bobi Ertanto, Politisi PDIP itu. (adm)

Laporan: Suadin
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com