satunarasi

BerandaButon SelatanGelar Media Gathering, Bawaslu Busel Terapkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

Gelar Media Gathering, Bawaslu Busel Terapkan Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024

BUTON SELATAN, SATUNARASI.COM – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buton Selatan (Busel) menggelar media gathering bersama sejumlah insan Pers, Rabu (20/07/2022).

Dalam kegiatan itu, Bawaslu Busel mengangkat tema “Media Gathering dan Persamaan Persepsi Peran Media Dalam Melawan Berita Hoaks, Ujaran Kebencian dan Isu Sara,”.

Selain dihadiri sejumlah pimpinan media, dan perwakilan wartawan di wilayah Kepulauan Buton. Termasuk Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Baubau, La Ode Aswarlin hadir selaku pemateri.

Ketgam : Komisioner Bawaslu Busel dan Ketua PWI Baubau

Melalui sambutan, anggota Bawaslu Busel Rosni, S.Ip., M.Si mengatakan tugas utama Bawaslu melakukan pencegahan dan penindakan dalam pelaksanaan Pemilu. Termasuk mengawasi netralitas ASN, TNI dan Polri. Olehnya itu, perlu kerjasama semua pihak termasuk Media dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

“Kami terapkan pengawasan partisipatif sehingga semua masyarakat dapat terlibat aktif memantau proses pelanggaran Pemilu. Media sangat membantu Bawaslu menginformasikan apa-apa yang tidak boleh dilakukan peserta pemilu (Parpol). Bawaslu Busel ingin menjadi lembaga terbuka dan informatif,” kata Rosni dengan membacakan dua pantun penutup sambutan.

Senada dikatakan Komisioner Bawaslu Busel, Hastun, S. Pd sangat berharap kepada insan pers agar fungsi pengawasan bukan hanya di Bawaslu, tetapi di semua elemen pelenggara dan peserta pemilu.

“Apalagi dalam Pemilu kerap adanya politik uang yang sulit diungkap, jadi perlu adanya pengawasan semua stakeholder karena banyak informasi yang tidak bisa di jangkau oleh Bawaslu dan itu butuh peran media,” pungkasnya.

Penegasan, Ketua Bawaslu Busel Mahyudin, S.Sos mengaku bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu sekaligus lembaga publik perlu menumbuh kembangkan kepercayaan publik dalam hal keterbukaan informasi. Pasalnya, memperoleh informasi mejadi hak semua orang sebagai pertanggungjawaban lembaga.

“Olehnya itu, keterbukaan informasi sebagai bentuk transpransi lembaga dan kami telah membentuk bidang humas. Sebab, media mempunyai peran penting dalam memberitakan tahapan dan pelaksanaan Pemilu agar meningkatkan pengetahuan dan wawasan terhadap masyarakat” jelasnya.

Mahyudin menambahkan, tahun 2024 akan dilakukan Pemilu serentak dan itu perlu informasi yang akurat kepada masyarakat. Menurutnya, kedudukan pers sangat menarik dan di butuhkan semua pemangku kepentingan.

“Kedudukan pers itu sangat seksi, karena media bisa berafiliasi dengan siapa saja, tapi tentu kami harap tetap pertahankan netralitas dan independensi jurnalis,” tutup Mahyudin di dampingi Sekretaris Bawaslu, La Ode Muh. Suharjono. (adm)

Penulis : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com