satunarasi

BerandaButon TengahIrjen Kementan Tinjau Lahan Lumbung Pangan di Buteng, Pj Bupati Siapkan Dua...

Irjen Kementan Tinjau Lahan Lumbung Pangan di Buteng, Pj Bupati Siapkan Dua Hektare

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Inspektur Jenderal (Irjen) Direktorat Kementerian Partanian Republik Indonesia (Kementan RI), DR Yan Samuel Maringka,SH., MH bertandang di Kabupaten Buton Tengah meninjau lokasi lumbung pangan.

Kunjungan Irjen Kementan di negeri 100 Goa itu ditemani langsung Penjabat (PJ) Bupati Buton Tengah, Muh Yusup, SE., M.Si bersama Wakil Ketua DPRD Buteng, Suharman, S.Pd., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Buton, Ledrik VM Takaendengan untuk meninjau lahan lumbung pangan di Desa Lakapera Kecamatan Gu, Jumat (15/07/2022).

Dihadapan awak media, Yan Samuel Maringka mengatakan dalam menghadapi krisis pangan yang terjadi secara global dan nasional, pemerintah pusat melakukan upaya pencegahan berkerjasama dengan pemerintah kabupaten dan aparat penegak hukum untuk memastikan program lumbung pangan tepat sasaran.

“Program-program Kementerian Pertanian sekarang ini berkerjasama dengan pemerintah daerah dan penegak hukum. Jadi apa yang kita lakukan sekarang adalah melihat kesiapan yang telah dilakukan oleh kelompok tani disini (Buteng),” ujarnya.

Guna mewujudkan ketahanan pangan di Buton Tengah, Kementerian Pertanian siap sedia membantu mulai dari kebutuhan mendasar. Disisi lain, program yang dilaksanakan di Buton Tengah yang berlokasi di Desa Lakapera kata Yan Samuel Maringka merupakan awal pemulihan ekonomi secara nasional melalui lumbung pangan yang disesuaikan dengan program Kementerian Pertanian.

“Tentu kita pertama mengharapkan adanya CPCL (Pendataan Calon Petani dan Calon Lahan)
serta lahan yang teratasi (clear) untuk kemudian apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat sini.
Melihat secara spesifik kondisi lahan yang disediakan ini cukup banyak, tapi lebih kepada kesesuaian program, baik dari jagung serta program alpukat juga. Tapi nanti dilihat dimana yang lebih cepat untuk dioptimalkan,” jelasnya.

Melalui kesempatan yang sama, Muh Yusup menegaskan bahwa pemerintah daerah Buteng telah menyediakan lahan dua hektare untuk kawasan lahan lumbung pangan yang berlokasi di Desa Lakapera Kecamatan Gu. Dari penetapan lahan tersebut, Pemda Buteng sangat berupaya mewujudkan pemulihan ekonomi secara nasional.

“Pemda Buteng menyediakan dua hektare lahan lumbung pangan sebagai langka pemulihan ekonomi secara nasional. Jadi untuk target kita dari lahan di Desa Lakapera ini adalah jagung, salak dan alpukat,” tutupnya. (adm)

Laporan: Suadi
Editor : Basyra

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com