satunarasi

BerandaButon SelatanSK Mendagri Belum Terbit, Tapi Jadwal Pelantikan Tiga Pj. Bupati di Sultra...

SK Mendagri Belum Terbit, Tapi Jadwal Pelantikan Tiga Pj. Bupati di Sultra Sudah Ada

BAUBAU, SATUNATASI.COM – Penantian masyarakat di tiga Daerah Otonom Baru (DOB) tentang siapa Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Busel) dan Muna Barat (Mubar) tampaknya belum ada titik terang. Meski jadwal pelantikan telah ada, namun Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga kini belum terbit.

Hal itu diungkapkan Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum, Phd kepada satunarasi.com saat dikonfirmasi, Jumat (20/05/2022). Ia mengaku bahwa jadwal pelantikan Pj. Bupati tiga daerah telah ada.

Ketgam : Pj. Sekda Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum., PhDa

“Terjadwal tgl 23 Mei 2022,” tulis Asrun Lio melalui pesan whatsappnya saat dikonfirmasi.

Masa jabatan Bupati di tiga daerah tersebut yakni Bupati Buteng, H. Samahuddin, Bupati Busel, H. La Ode Arusani dan Bupati Mubar, Ahmad Lamani bakal berakhir hingga 22 Mei 2022. Namun, terkait dengan siapa yang bakal dilantik pada Senin, 23 Mei 2022 nanti, sampai hari juga belum ada kepastian.

Padahal, sesuai jadwal dari Kemendagri bahwa SK Mendagri diserahkan paling lambat Jumat (20 Mei 2022). Namun sesuai informasi yang berkembang, penyerahan SK tersebut ditunda pada 21 Mei 2022.

Kendati demikian, Asrun Lio menegaskan bahwa jadwal pelantikan tiga Pj. Bupati tersebut telah sesuai dengan informasi dari Kemendagri. Rencana pelantikan akan digelar di Kota Kendari oleh Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH.

“Sesuai Radiogram Kemendagri pelantikan Pj Bupati tgl 23, namun hingga saat ini SK belum ada. Menurut undang2 tempat pelantikan di ibu kota Provinsi (Kota Kendari),” tegas Asrun Lio juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisbud) Sultra itu.

Saat dipertanyakan lebih jauh terkait dengan informasi dan berita yang telah beredar di masyarakat bahwa tiga Pj. Bupati yang menguat adalah Dr. Bahri, S.STP.,M.Si untuk penjabat Bupati Mubar yang kini menjabat sebagai Direktur Perencanaan Keuangan Daerah, Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri.

Lalu nama Muhammad Yusuf selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sultra disebut-sebut menguat menjadi Penjabat Bupati Buton Tengah. Sedangkan nama La Ode Budiman, kini menjabat Sekda Busel dikabarkan menguat menjadi penjabat Bupati Buton Selatan.

“Mengenai siapa2 Belum ada yang ketahui kecuali SK sudah diterima,” terang Asrun Lio. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com