satunarasi

BerandaBaubauTujuh Nama Terendus, Pj. Sekda Sultra Larang Sebut Calon Kuat Pj. Bupati...

Tujuh Nama Terendus, Pj. Sekda Sultra Larang Sebut Calon Kuat Pj. Bupati Buteng

BAUBAU, SATUNARASI.COM – Masa jabatan Bupati Buton Tengah (Buteng), H. Samahuddin, SE bakal berakhir 22 Mei 2022 atau sisa 14 hari. Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH telah mengusulkan nama Pejabat (Pj) Bupati Buteng di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kendati surat usulan itu sifatnya rahasia, namun tujuh nama calon Pj. Bupati Buteng santer beredar disebut-sebut masyarakat. Entah informasi itu benar atau tidak, padahal sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 bahwa Pj. Bupati/Walikota diusulkan oleh Gubernur maksimal tiga nama dan dipilih langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dalam Pasal 201 ayat (9) disebutkan penjabat gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota akan memimpin daerah hingga Pilkada serentak nasional pada tahun 2024 memilih kepala daerah definitif. Untuk bupati/walikota akan diangkat penjabat dari pimpinan tinggi pratama.

Pada pasal 201 ayat 10 dan ayat 11 juga diatur Pj itu menjabat selama satu tahun dapat dipilih kembali dengan orang yang sama atau orang berbeda. Sementara mekanisme penunjukan penjabat kepala daerah itu tidak dijelaskan rigit dalam UU.

Pada tahun 2022 ini, Ada 101 kepala daerah akan habis masa jabatannya. Dari 101 kepala daerah itu, tujuh di antaranya adalah gubernur. Khususnya di Sultra ada tujuh kepala daerah yang akan berakhir 2022 ini yakni Kabupaten Buton, Kolaka Utara, Bombana, Kota Kendari dan sisanya tiga daerah yakni Bupati Buteng, Busel dan Muna Barat bakal berakhir bulan ini, 22 Mei 2022.

Kembali ke topik awal terkait Pj. Bupati Buteng, selain tiga nama yang telah tersebar luas yakni Drs. La Ode Saifuddin, M.Si selaku Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UMKM) Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy, SE., M.Si yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Sultra, dan Sekda Buteng, H. Kostantinus Bukide, SH., M.Si.

Ada juga empat nama yang berkembang liar di masyarakat yang katanya juga diusulkan sebagai Pj. Bupati Buteng. Misalnya, nama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Muhammad Yusuf, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemrov Sultra, Ilyas Abibu, Kadis Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Fahri Yamsul, dan Karo Umum, Abdul Rajab.

Ketgam : Pj. Sekda Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum., PhDa

Sesuai pertanyaaan pewarta satunarasi.com, apakah benar ada tiga nama calon kuat Pj. Bupati Buteng yang sudah diusulkan Gubernur? Sayangnya, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Drs. Asrun Lio, M.Hum enggan membenarkan dan membatahnya. Sebab, menurutnya usulan itu merupakan rahasia.

“Jangan bertanya nama karena itu sifatnya rahasia, semua data masuk dalam sistem informasi online administrasi, yg ketahui itu hanya orang Kementrian (Kemendagri) yg punya akses di SIOLA (sistem informasi online administrasi),” terang Asrin Lio saat dikonfirmasi melalui via whatsAppnya, Minggu (08/05/2022).

Saat dipertegas bahwa apakah benar untuk Buteng yang di usulkan di Mendagri adalah tiga nama ini? kembali menegaskan itu rahasia. “Ya (Itu rahasia),” tutup Asrun Lio juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra itu.

Ketgam : Asisten 1 Pemprov Sultra, Ilyas Abibu

Kemudian satunarasi.com mencoba mengonfirmasi satu pejabat dari tujuh nama yang disebut-sebut di masyarakat sebagai calon Pj. Bupati Buteng yakni Ilyas Abibu.

Sayangnya mantan Sekda Wakatobi itu juga enggan menjawab pertanyaan perwarta atas benar tidaknya informasi tersebut saat dikonfirmasi via whatsAppnya. Asisten I Pemprov Sultra itu hanya mengirimkan desain ucapan Selamat Idul Fitri, Mohon Maaf lahir dan Batin. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com