satunarasi

BerandaButonPemkab Buton Peringati Nuzul Quran di Lasalimu Sekaligus Salurkan Wakaf Al-Quran

Pemkab Buton Peringati Nuzul Quran di Lasalimu Sekaligus Salurkan Wakaf Al-Quran

BUTON, SATUNARASI.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menggelar Peringatan Nuzul Quran di Kecamatan Lasalimu.

Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si bersama Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan para Camat se-Kabupaten Buton turut menghadiri Peringatan Turunnya Al-Quran itu usai shalat Tarwih di Masjid Ar Rahman Kamaru, Selasa (20/04/2022).

Rangkan Peringatan Nuzul Quran juga disambut dengan buka puasa bersama di Rujab Camat Lasalimu. Bupati Buton dan rombongan bersama Kepala Desa dan masyarakat setempat menunggu datangnya azan Magrib mendengarkan pengantar berbuka dari Ustadz Bakry Subuh.

Dalam kesempatan itu, Bupati Buton membagikan Al-Quran kepada para Kepala Desa di wilayah Kecamatan Lasalimu. Sedikitnya 14 desa dan 1 kelurahan di wilayah administrasi Kecamatan Lasalimu menerima secara langsung Wakaf Al-Quran dari salah satu Badan Wakaf Al-Quran di Jakarta melalui Bupati Buton.

La Bakry pada kesempatan itu mengharapkan agar Al-Quran yang dibagikan disimpan di TPA atau di rumah-rumah pengajian. Sehingga dapat dibaca.

“Yang terpenting untuk dipelajari dan diamalkan. Jadi jangan simpan di rumahnya kepala desa,” kata Ketua DPD Golkar Buton itu.

Orang nomor satu di Buton ini mengingatkan warga untuk terus memakmurkan masjid akhir Ramdhan.

“Mari kita niatkan semua ibadah kita hanya semata-mata karena Allah. Jika kita jalankan ibadah di bulan Ramadhan ini dengan ikhlas semua itu akan bermuara pada kenikmatan dan kebahagiaan beribadah,” tuturnya.

Mantan Wakil Bupati ini juga menghimbau jamaah untuk tidak sekedar mendengar tauziah. Tapi hendaknya diprkatekan. Diamalkan semata-mata mengharapkan ridha Allah. Menurutnya, Al-Quran diturunkan sesuai dengan kondisi umat pada saat itu.

“Untuk itulah mari kita amalkan Al-Quran untuk mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Wahyu pertama yang diturunkan adalah Iqra. Hakekatnya adalah membaca dan belajar. Termasuk dalam bacaan shalat kita. Kita juga harus mengerti dan memaknai shalat yang kita laksanakan sehingga kita khusyu dalam shalatnya. Kita harus maknai bacaan shalat dari takbiratul ihran hingga salam,” pungkasnya.

Sementara itu, Ustadz Bakry Subuh dalam ceramahnya di peringatan Nuzul Quran oti mengajak umat untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, sehingga kita menempuh derajat ketaqwaan kepada Allah. Al-Quran menurut para alim ualama diturunkan pada 17 malam Ramadhan, dan ayat pertama adalah bacalah.

“Artinya Al-Quran dijadikan sebagai petunjuk dan pedoaman bagi manusia. Manusia haruslah berakhlak seperti tuntunan Alquran. Alquran disucikan karena sesuai dengan fitrah manusia. Alquran adalah pemberi safaat bagi pembacanya. Untuk itu Alquran harus didalami maknanya sehingga menjadi pedoman dalam hidup ini,” tutupnya Ustadz Bakry. (adm)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com