satunarasi

BerandaButon TengahProgram Impian Balon Bupati IB Gelontorkan Rp 3,5 M Khusus UMKM

Program Impian Balon Bupati IB Gelontorkan Rp 3,5 M Khusus UMKM

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Bakal Calon (Balon) Bupati Buton Tengah (Buteng) yang telah mendeklarasikan diri bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Dr. Ishak Bagea, MA telah merilis sejumlah program impian. Diantaranya terkait pembedayaan masyarakat di bidang ekonomi kreatif khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan IB Kampung Sejahtera jargon (Ishak Bagea) dalam rilisnya yang masuk diredaksi satunarasi.com. Menurutnya, program pembangunan ada 4 pilar yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM), ekonomi kreatif berbasis kearifan lokal, infrastruktur, dan pembangunan kebudayaan. Empat pilar itu harus sejalan, tidak boleh ada yang timpang. Dari sisi pemberdayaan UMKM menjadi program perioritas, dan berjanji akan menggelontorkan Rp 3,5 miliar untuk 7 Kecamatan di Buton Tengah.

“UMKM bangkit, rakyat Buton Tengah berdaya dan sejahtera. Pemberdayaan UMKM harus digenjot supaya perputaran ekonomi masyarakat tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, IB KAMPUNG SEJAHTERA harus gass full mengelontorkan dana Rp 500 Juta untuk setiap Kecamatan di Buton Tengah,” janji Ishak Bagea dalam rilisnya, Rabu (23/03/2022).

Upaya menggenjot pertumbuhan ekonomi khususnya sektor UMKM akan dieksekusi jika dirinya diberikan amanah dan kepercayaan oleh masyarakat untuk menjadi Bupati Buton Tengah pada Pilkada 2024 nantinya. “Ini bentuk pembinaan dan pemberdayaan dari IB KAMPUNG SEJAHTERA, bantuan itu diharapkan bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi di masing-masing kecamatan, sekaligus mengembangkan sektor UMKM. Dengan begitu, masyarakat tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi menciptakan lapangan pekerjaan,” pungkas putra Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah itu.

Akademisi Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) ini menjelaskan bahwa program UMKM akan mengandeng beberapa bank untuk memantapkan pameran UMKM se Buteng. Tidak hanya bantuan dana, IB juga akan mengajak seluruh camat, lurah, kepala desa untuk menjadi off taker (penjamin red) produk-produk UMKM.

“Jika ada kegiatan, maka belanja bisa dilakukan pada pelaku usaha kecil di daerahnya masing-masing. Jadi saya komitmen akan mengalokasikan dana untuk UMKM sebesar 35 persen dari APBD digunakan untuk pengembangan UMKM. Kalau ada acara, dapat belanja di UMKM, baik sarung tenun, kampurui, selendang tenun, jambu mete, makanan kecil, sepatu, ATK, dan lainnya,” tuturnya.

Guna merealisasikan program itu, Staf Khusus Walikota Baubau ini akan memberikan pendampingan pada pelaku UMKM melalui dinas Koperasi dan UMKM. Sebab, untuk bisa jalan penggunaaan anggaran negara harus masuk ke e-katalog (aplikasi belanja online).

“IB bersama Tim akan membuat aplikasi khusus daerah mungkin bisa meniru untuk mewadahi para pelaku UMKM jualan. Kita terus dampingi UMKM supaya bisa maju dan sejahtera. Bank juga diminta aktif mendampingi pelatihan dan akses permodalan serta pengembangan bisnis UMKM. Tidak hanya bank, lembaga keuangan lain juga ikut berpartisipasi,” lanjutnya.

Doktor liguistik sastra Indonesia Universitas Gajah Mada (UGM) ini menegaskan bahwa banyak yang bisa dilakukan oleh pihak Bank untuk skema permodalan. Ada kredit lapak, kredit milenial, kredit untuk pelaku usaha kecil yang bisa dimanfaatkan, Bank lain juga bisa berpartisipasi sesuai perintah Presiden.

“Kita harus berjuang bagaimana caranya ekonomi bangkit. Konsep dan ide cerdas ini akan terwujud Insya Allah kalau IB (ISHAK BAGEA) menjadi Bupati Buton Tengah Periode 2024-2029, Aamiin,” tutupnya. (Redaksi)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com