satunarasi

BerandaButon TengahMusrenbang 2023, Suharman : Infrastruktur Penting Tapi Pemberdayaan Jangan Dikesampingkan

Musrenbang 2023, Suharman : Infrastruktur Penting Tapi Pemberdayaan Jangan Dikesampingkan

BUTON TENGAH, SATUNATASI.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Tengah (Buteng) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023. Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buteng, Suharman, S.Pd., M.Si ikut hadir selaku unsur pimpinan legislatif dan berharap agar program bukan hanya difokuskan pada infrastruktur, tapi pembedayaan juga jangan dikesampingkan.

Harapan tersebut, menurut Suharman bukan tanpa dasar. Sebab, kondisi masyatakat Indonesia secara umum dan khususnya Buteng saat ini banyak merasakan dampak ekonomi akibat pandemi covid-19. Olehnya itu, sejatinya agar program-program yang dilahirkan dalam musrenbang Kabupaten Buteng 2023 juga dapat memperkuat ekonomi masyarakat.

Apalagi kondisi di Buteng, menurutnya banyak kepala keluarga yang merantau di luar daerah, dan meninggalkan istri di kampung halaman. Perlu adanya pembinaan dan pembedayaan ekonomi kreatif dengan pelatihan keterampilan pada ibu rumah tangga agar mampu menghasilkan atau meringankan beban keluarganya. Dirinya mengaku tidak bisa melihat sebelah mata kondisi masyarakat Buton Tengah yang terus berjuang menghadapi kehidupan.

“Keberhasilan pembangunan Infrastruktur sangat baik. Tapi terkadang juga tidak memikirkan bagaimana untuk memberdayakan masyarakat, terutama ketahanan pangannya. Masyarakat kita juga ini masih ada suaminya, namun banyak yang mencari pekerjaan di luar, sehingga istri-istri mereka perlu dibina dengan berbagai program pemberdayaan agar terampil,” kata Suharman dalam sambutannya di hadapan seluruh kepala OPD di Gedung Az-Zahra Buteng, Selasa (22/03/2022).

Ketua DPD Partai NasDem Buteng ini menambahkan, adanya pandemi Covid yang berkepanjangan telah membuat ekonomi masyarakat menjadi lemah dan tak berdaya. Tidak sedikit masyarakat tingkat menengah ke bawah terdampak, khususnya para penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kendati memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur yang telah dihasilkan oleh pemerintah daerah saat ini. Namun, program pembedayaan masyatakat tidak bisa dipandang sebelah mata, karena itu berkaitan dengan kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat Buton Tengah.

“Harapan saya agar di dalam musrenbang ini bisa melahirkan program-program yang dapat memperkuat ekonomi masyarakat agar kita keluar dari zona saat ini. Itu penting jangan hanya diprioritaskan untuk pembangunan, tapi sektor pembedayaan juga tidak boleh dikesampingkan,” tegas Ketua Cabang (Cabor) Olahraga Taekwondo. (Redaksi)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com