satunarasi

BerandaKendariKantongi Dukungan 23 Cabor Resmi Pimpin KONI Buteng, La Andi: KONI Harus...

Kantongi Dukungan 23 Cabor Resmi Pimpin KONI Buteng, La Andi: KONI Harus Jadi Pemersatu

KENDARI, SATUNARASI.COM – Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi digelar. Hasilnya, La Andi, S.Sos terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum (Ketum) KONI Buteng periode 2022-2026.

Pelaksanaan Musorkab itu berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (15/03/2022). Musyawarah diikuti sebanyak 23 cabang olahrga (cabor) dari 43 total cabor. Para Ketua Cabor yang berasal dari Buteng semua memberikan rekomendasi dukungan kepada La Andi untuk menjadi Ketum KONI di daerah seribu goa itu.

Plt Ketua KONI Buteng, Suwarman ikut hadir guna menyukseskan pelaksanaan Musorkab. Ia mengaku tugasnya sebagai Plt Ketua KONI Buteng hanya satu bulan kerja untuk memfasilitasi pelaksanaan pemilihan Ketum KONI definitif. Pelaksanaan musyawarah telah dilakukan sesuai mekanisme dan tata tertib yang ada. Mulai pendaftaran calon Ketum KONI hingga pelaksanaan Musorkab.

“Pedaftaran calon Ketua KONI Buteng kami buka mulai 10-14 maret 2022 dengan mengumumkan pada publik lewat media massa. Hasilnya, sampai penutupan hanya La Andi yang mendaftar. Jadi dalam musorkab ini dihadiri 23 cabor atau telah memenuhi 50 persen plus 1 cabor, maka pemilihan dapat dilaksanakan,” jelas Suwarman dalam sambutannya.

Sebagai Plt KONI Buteng berharap pada Ketum KONI definitif dapat memajukan olahraga Buteng kedepan, dengan melakukan pembinaan agar melahirkan atlet-atlet berprestasi. Menurut Suwarman bahwa pelaksanaan Musorkab itu tidak tergesa-gesa karena telah sesuai dengan waktu yang diberikan.

“Masa tugas sebagai Plt hanya satu bulan sampai 26 maret 2022 untuk melaksanakan musyawarah. Jadi ini tidak tergesa-gesa atau terburuh-buruh karena ada tugas pokok saya sebagai Humas KONI Sultra yang harus diselesaikan dengan baik. Jadi musrokab ini telah mengukur waktu yang tersedia, sehingga patut dilaksanakan,” paparnya.

Musorkab dihadiri Plt Ketum KONI Sultra, La Ode Suryono diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) KONI Sultra, Arif bersama Sekjen KONI Sultra, Muttaqin Siddiq sekaligus membuka pelaksanaan musyawarah.

Melalui sambutannya, Sekum KONI Sultra, Muttaqin Siddiq menjelaskan, hampir 1 tahun KONI Buteng vakum sejak habisnya masa jabatan Ketum KONI periode sebelumnya pada 2021 lalu. Ada permohonan perpanjangan pada Juni 2021, tapi Ketum KONI Sultra almarhumah Agista Ariany Bombay Ali Mazi meninggal dunia, sehingga tertunda. Setelah itu dilakukan penertiban organisasi atau perbaikan. Melalui Ketum KONI Buteng yang baru, Ia mengingatkan agar Buteng mempunyai cabor andalan kedepan, termasuk menyiapkan diri menghadapi pekan olahraga provinsi (Porprov) Sultra 2022.

“Suatu daerah harus punya satu cabor andalan, termasuk Buteng. Ini sangat kami harapkan agar dapat mendulang mendali dalam setiap event. Tapi organisasi lain tidak dibiarkan mati, hanya ada fokus pembinaan cabor agar ada yang menonjol.
Sehingga atlet Buteng dapat mewakili Sultra untuk bisa mengharumkan nama baik Indonesia di kanca nasional maupun internasional. Semoga itu lahir dari Buteng, karena adanya pembinaan atlet potensial,” harap Muttaqin Siddiq sambil membuka pelaksanaan Musorkab dengan resmi.

Pelaksanaan Mosorkab dipimpin tiga orang sebagai steering xommittee yakni Elvis Basri Uno, Ali Yasin, dan Edwar. Mereka semua merupakan panitia yang juga sebagai pengurus KONI Sultra. Berdasarkan tata tertib (tatib) Mosorkab KONI Buteng, peserta yang hadir yakni para Ketua cabor telah memenuhi kourum. Mengingat hanya terdapat satu calon pendaftar, maka secara otomatis dinyatakan aklamasi.

“La Andi secara aklamasi kami tetapkan untuk menjadi Ketum KONI Buteng periode 2022-2026. Fotmatur dua orang ditunjuk oleh Ketum KONI terpilih untuk menyusun komposisi pengurus 30 hari pasca pemilihan,” tegas Elvis Basri Uno sebagai pimpinan sidang.

Pasca ditetapkan sebagai Ketum KONI Buteng terpilih, La Andi langsung memberikan sambutan dihadapan pada Ketua Cabor. Dari 23 peserta yang hadir, terlihat Ketua cabor Taekwondo Buteng, Suharman, S.Pd., M.Si yang juga Wakil Ketua II DPRD Buteng ikut hadir. La Andi mengucapkan terimaksih kepada semua pihak atas kesuksesan terselenggaranya Mosorkab. Ia mengaku kepercayaan yang diemban menjadi amanah dan tanggungjawab besar untuk memajukan olagraga kedepan. Namun, berharap dengan memegang kendali KONI, semoga semua menjadi nutrisi untuk memajukan olahraga Buteng dengan semangat kekeluargaan.

“Semoga kita tetap komit, rapi, kokoh, bersama dalam membesarkan organisasi ini. KONI adalah sebuah wadah organisasi olahraga yang menjadi rumah bagi seluruh insan olahraga yang mesti terus bergerak dalam rangka melahirkan semangat olahraga,” jelas La Andi, mantan Ketua PSSI Buteng itu disambut dengan tepuk tangan peserta.

Selain itu, pengusaha muda asal Desa Matara Kecamatan Mawasangka ini berharap adanya kebersamaan kepada semua komponen untuk bisa memajukan olahraga di Buton Tengah. Sebab, persatuan dan kesepahaman menjadi kunci sukses dalam setiap organisasi.

“KONI juga harus menjadi pemersatu kebinekaan kita, sebab esensi kebersamaan tidak ada yang lahir dari senasip dan sepenanggungan, tapi kebersamaan yang hakiki selalu lahir dari mereka-mereka yang sehat jasmani dan rohaninya, mereka yang sehat akal dan pikirannya. Kebersamaan itu juga lahir dari yang sehat hati dan sehat tindakan,” tutupnya. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com