satunarasi

BerandaButonBuka Konsultasi Publik RPD dan RKPD, Bupati La Bakry Bahas Pj Bupati...

Buka Konsultasi Publik RPD dan RKPD, Bupati La Bakry Bahas Pj Bupati Mendatang

BUTON, SATUNARASIM.COM – Pemerintah Kabupaten Buton melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar konsultasi publik Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di kantor aula Bupati Buton kompleks Takawa pada Kamis, 24 Februari 2022.

Mengawali sambutannya La Bakry mengatakan dalam sistem pemerintahan memiliki pedoman dalam menjalankan roda pemerintahan dan itu berlangsung dari era pemerintahan Orde Baru yang diatur dalam perundang-undangan.

“Memang setiap estafet kepemimpinan dibutuhkan yang namanya pedoman dan akan digunakan kepala daerah untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Kalau di zaman Orde Baru namanya Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun) dan di daerah disebut RPJMD (Rencangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” jelasnya.

Ketua DPD Partai Golkar Buton ini menyampaikan RPJMD bertujuan untuk menjadi pedoman Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara teknis penyusunan RPD tahun 2023. “Oleh karena itu, penyusunan tersebut sangat penting sebagai evaluasi kinerja pemerintahan La Bakry-Iis Eliyanti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buton sisa masa periode 2017-2022,” ucap La Bakry.

Selain itu lanjutnya, dalam konsultasi publik kali ini menjadi evaluasi masa pemerintahan Samsu Umar Abdul Samiun-La Bakry sebagai Bupati dan Wakil Bupati Periode 2012-2017. “Karena masa pemerintahan (La Bakry – Iis Eliyanti) sudah berakhir tahun 2022, maka ini menjadi evaluasi kita dari tahun 2012-2017 kemudian tahun 2017 – 2022,” kata Suami Delya Montolalu.

Orang Nomor Satu di Buton juga ini mengatakan evaluasi pada hari berbicara untuk kepentingan dearah bagaimana cara memecahkan persoalan-persoalan kemasyarakatan mengenai pendidikan, kesehatan, ekonomi, kesiapan infrastruktur, dan terutama mengenai SDM.

“Sehingga pada tahun 2023, Pejabat (Pj) Bupati itu bisa melanjutkan untuk menyelesaikan yang belum tuntas,” tuturnya.

Pernyataan tersebut sebagai respon pemerintahan La Bakry-Iis Eliyanti akan berakhir pada Agustus mendatang dan akan diisi oleh Penjabat (Pj) Bupati cukup panjang hingga tahun 2024.

“Jadi saya meminta kepada setiap pimpinan perangkat daerah untuk menyiapkan RPD tahun 2023 secara lengkap untuk menjadi acuan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024,” harap Ketua DPD II Golkar Buton itu.

Konsultasi Publik RPD dan RKPD turut dihadiri Wakil Bupati Buton, Ketua DPRD Buton, Sekda Buton, Kepala Bappeda Buton, Rektor Universitas Muhammadiyah Buton, Rektor Universitas Dayanu Ikhsanuddin, Instansi Vertikal Perbank dan Statistik, para Camat dan seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Buton. (adm)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com