satunarasi

BerandaButon TengahBupati Buteng Nonjob Istrinya dan Satu JPTP, Camat Gu dan Lakudo Juga...

Bupati Buteng Nonjob Istrinya dan Satu JPTP, Camat Gu dan Lakudo Juga Dimutasi

BUTON TENTAH, SATUNARASI.COM – Meski masa jabatannya tinggal 94 hari sampai 22 Mei 2022, Bupati Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Samahuddin, SE masih melakukan rotasi jabatan di otoritanya. Hari ini, dua pejabat dinyatakan nonjob dan sebanyak 30 aparatur sipil negara (ASN) dilantik, dua diantaranya merupakan Camat.

Mutasi jabatan berdasarkan surat keputusan (SK) Bupati Buteng nomor 313 tahun 2022 tertanggal 17 Februari 2022. Pelantikan atau pengambilan sumpah jabatan digelar di pelataran kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buteng.

Dari 30 pejabat yang dikukuhkan, satu diantaranya merupakan eselon II yakni Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Buteng, Suhardin Djama Suke bersama sejumlah pejabat struktural di bawahnya. Ini terjadi karena adanya perubahan nomenklatur, sehingga perlu dikukuhkan kembali. Pasalnya, Disperkim kini juga menangani terkait dengan aset daerah bidang pertanahan.

Sedangkan eselon III sebanyak 25 yang dilantik dan sekitar 8 orang merupakan promosi karena dikukuhkan menjadi Sekretaris Dinas. Selebihnya merupakan Kepala Bidang. Menariknya dari eselon III tersebut, ada dua camat yang ikut berganti yakni Camat Gu sebelumnya dijabat oleh Basri, S.Pd kini diberikan kepada Muliadi. Termasuk Camat Lakudo kini dijabat M. Nasir menggantikan
Usman yang digeser menjadi Sekdin Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP). Selain itu, ada empat ASN yang dilantik pada jabatan eselon IV.

Melalui sambutannya, Bupati Samahuddin mengaku dalam pelantikan itu telah menonaktifkan dua pejabat. Satu diantaranya merupakan jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) yakni Staf Ahli Bupati Bidang
Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan yakni Malik, S.Pd. Sedangkan satunya merupakan Istri Bupati Buteng, Hj. Jusniar Samahuddin AMdKep yang meduduki jabatan Kepala Bidang kualitas hidup perempuan dan kualitas keluarga pada Dinas Perbedayan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Dengar wartawan, hari ini ada dua orang saya nonjob yakni ibu saya (istri) sendiri dan staf ahli,” kata Samahuddin dalam sambutannya usai pelantikan pejabat, Kamis (17/02/2022).

Alasan Politisi PDIP itu memberhentikan isterinya karena dinilai sudah tidak efektif menjalankan tugas sebagai pegawai negeri sipil. Sebab, sebagai Istri kepala daerah, juga menjadi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Lalu apa alasan melakukan nonjob pada Malik selaku staf ahli?

“Alasan tugasnya sudah tidak terlalu dijalankan sebagai pegawai negeri ya. Artinya sebagai Ibu PKK itu jalankan saja Ibu PKK, tidak usahlah kasi saja yang lain (jabatan). Kalau untuk saya ikhlas memberikan jabatan pada yang lain. Dengan Malik sebagai staf ahli ya alasannya malas juga,” terangnya.

Lebih lanjut, La Ramo sapaan karib Samahuddin bahwa waktu pelantikan itu merupakan hari baik karena bertepatan dengan 15 malam bulan purnama. Selain itu, Ia menegaskan agar birokrasi tidak perlu bermain dengan politik, cukup kerja saja menjalankan tugas dengan baik.

“Para kepala Dinas dan utamanya camat yang baru dilantik agar jangan turun bermain di politik. Juga para sekdin-sekdin semua harus tunduk dan taat kepada atasannya. Sebaliknya para kadis ingat bawahannya, majunya pembangunan atas kerjasama semua komponen,” tegas La Ramo.

Tidak hanya itu, bahkan Ketua DPD PDIP Buteng ini meminta pada semua pejabat dan ASN di otoritanya agar tidak membahas isu Pj Bupati yang bakal duduk pasca berkahir masa jabatannya.
Sebab, Ia masih menjabat meskipun tidak lama lagi.

“Kurang lebih 3 bulan lagi saya berakhir menjabat, namun bukan saya tinggalkan Buteng, tapi saya akan kembali 2024 nanti. Tidak usaha bicara-bicara PJ Bupati, itu bukan urusanmu. itu urusan Medagri (Menteri Dalam Negeri), masih banyak urusan kalian yang perlu diselesaikan,” tutupnya. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com