satunarasi

BerandaButonMelalui Pameran HPN, Pemda Buton Tampilkan Produk Aspal Setara Hotmix

Melalui Pameran HPN, Pemda Buton Tampilkan Produk Aspal Setara Hotmix

KENDARI, SATUNARASI.COM – Hari Pers Nasional (HPN) yang berlangsung di Kota Kendari menjadi ajang promosi produk unggulan tiap daerah. Pemerintah Kabupaten Buton ikut ambil bagian dalam pameran dalam rangkaian HPN di Pelataran MTQ Kota Kendari, Minggu malam (06/02/2022).

Kabag Ekonomi Setda Buton, H Abdul Rais mengatakan, dalam pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) rangkaian HPN 2022 menyajikan berbagai produk unggulan diberbagai sektor baik perikanan, pertanian, pertambangan hingga produk perindustrian. “Kesempatan ini kita memperkenalkan hampir semua program unggulan Buton,” katanya.

Lebih lanjut menjelaskan, untuk sektor perikanan menampilkab produk abon ikan, ikan asap, sambal ikan cakalang hingga produk akhir rumput laut olahan pabrik di Kapontori.

“Ada juga kepala genjah, pala, beras padi gogo, kopi kaongke-ongkea, aspal hingga produk anyaman dan tenunan,” jelasnya lagi.

Terpenting lanjut Abdul Rais, juga diperkenalkan aspal Buton sebagai potensi kekayaan alam daerah yang satu-satunya dimiliki Indonesia. Saat ini, PT Wika Bitumen sedang memproduksi Aspal buton lawele Full  extrasi yang ikut di pamerkan dalam stand pameran HPN.

“Ini juga merupakan salah satu produk unggulan Kabupaten Buton yang dapat bersaing dengan daerah-daerah lain dari segi kualitas barang, produk ini setara aspal minyak/hotmix,” bebernya.

Bersama Kadis Pertanian Buton, Dia berharap semua produk tersebut dapat dikenal dan dimanfaatkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Abdil Rais bersama Kadis Pertanian Buton, Ma’mul Djamal mengatakan pada sektor pertanian pihaknya memperkenalkan semua jenis produk unggulan yang saat ini menjadi program prioritas Bupati Buton Drs La Bakry M.Si.

“Kami membawa bibit pala dan kelapa genjah, beras padi gogo dan kopi kaongke ongkea. Produk ini sementara dikembangkang di Buton dengan harapan kedepannya dapat bernilai ekonomi untuk masyarakat,” tutupnya. (Adm)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com