satunarasi

BerandaButon TengahLantik Kades Wantopi Sekaligus Tiga JPTP, Bupati Samahuddin Warning Pengelolaan Keuangan

Lantik Kades Wantopi Sekaligus Tiga JPTP, Bupati Samahuddin Warning Pengelolaan Keuangan

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Bupati Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara, H. Samahuddin, SE resmi melantik Kepala Desa (Kades) antar waktu Desa Wantopi Kecamatan Mawasangka Timur sisa periode 2017-2023.

Menariknya, pengambilan sumpah jabatan yang berlangsung di pantai Desa Wantopi dirangkaian dengan pelantikan tiga Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) hasil seleksi lelang terbuka.

Meski sisa dua tahun penjabat, namun Kades antar waktu Desa Wantopi merupakan hasil pemilihan secara langsung oleh masyarakat yang dimenangkan La Udi. Sebab, Kades sebelumnya La Ogo, SE telah meninggal dunia pada tahun 2021 lalu.

Sedangkan tiga JPTP yang dikukuhkan yakni staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan yang dijabat oleh Isran, S.Pd., M.Pd sebelumnya sebagai Sekretaris Dinas Catatan Sipil. Lalu Ahmad Sabir, SH dilantik menjadi asisten 1 bidang pemerintahan yang sebelumnya menduduki jabatan Kabag Hukum, dan Tasbin, S.Pd awalnya menjabat kepala bagian umum dan keuangan DPRD Buteng, kini dilantik sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan).

Pengambilan sumpah jabatan, susuai dengan surat keputusan (SK) Bupati Buteng nomor 301 tanggal 31 Januari 2022 yang disaksikan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Buteng yang sempat hadir.

Melalui sambutannya, H. Samahuddin memuji pelantikan Kades Wantopi yang dianggap sangat luar biasa. Berbeda dengan pelantikan kades lainnya, karena pengukuhannya dirangkaikan dengan pelantikan eselon II.

“Kades Wantopi diangkat melalui hasil pemilihan untuk menjabat antar waktu merupakan pertama kali di Sultra. Awalnya saya akan tempatkan pelaksana, tapi ini hak saya dan sebagai kepala daerah saya tidak ambisi. Saya berharap supaya berjalan pemerintahan di desa dengan baik, makanya dilakukan pemilihan,” kata Ketua DPD PDIP Buteng itu.

La Ramo sapaan karib Samahuddin menyampaikan pesan penting kepada Kades Wantopi yang baru, La Udi terkait dengan manajemen pengelolaan keuangan.

“Kepala Desa hati-hati dalam mengelola keuangan desa karena itu uang rakyat. Marilah kita kerja dengan baik demi kesejahteraan masyarakat. Selamat kepada kepala desa yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik,” harap Samahuddin.

Imbauan yang sama disampaikan kepada tiga JPTP yang baru dilantik, termasuk para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di otoritanya.
Selain itu, Samahuddin menegaskan bahwa pelantikan tiga JPTP merupakan hasil tes atau seleksi yang dilakukan pada Desember 2021 lalu.

“Alhamdulillah hari ini sudah lantik dan tiga eselon II dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Kepada yang dilantik dan para kepala SKPD tugas-tugas kita masih banyak, jadi perlu berhati-hati lagi mengabdi, apalagi dalam pengelolaan keuangan,” tutupnya. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com