satunarasi

BerandaButon TengahLa Andi Capai Polling Tertinggi Figur Buteng 2024, La Goapu: Wajar Law...

La Andi Capai Polling Tertinggi Figur Buteng 2024, La Goapu: Wajar Law Profile Orangnya

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Dinamika vote dalam pollingkita.com makin menarik perhatian publik khususnya masyarakat Buton Tengah (Buteng). Dari 12 nama figur yang ditampilkan, perolehan terus mengalami persaingan elektabilitas. Kini, La Andi, S.Sos mampu meraih polling tertinggi mengalahkan pemenang sebelumnya, yakni Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Buteng, Suharman, S.Pd., M.Si.

Sejak dirilis Selasa, (11/01/2022) yakni situs https://pollingkita.com/polling252856-polling-buton-tengah-2024 berjudul BUTON TENGAH 2024, hari ini Sabtu 15 Januari 2022 telah mengumpulkan total vote 2275. Sesuai pantuan satunarasi.com dalam polling (jejak pendapat) sekitar pukul 14.53 wita, nama pengusaha muda asal Desa Matara, La Andi telah mengantongi elektabilitas 685 suara atau 30,1 persen. Sedangkan Suharman juga Wakil Ketua DPRD Buteng itu turun ke peringkat kedua dengan perolehan 614 suara yakni 27 persen.

Posisi ke tiga tetap bertahan kepada politisi PKS yang juga merupakan Ketua Komisi III DPRD Buteng, Tasman, SE yang mencapai 284 suara. Bupati Buteng, H. Samahuddin, SE belum menunjukan kenaikan polling yang signifikan karena masih posisi ke empat yakni 231 suara. Sama halnya dengan Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari bertengker pada peringkat ke lima dengan jumlah vote 222.

Terkait hasil polling tersebut, tokoh masyarakat Kecamatan Talaga, La Goapu menanggapinya dengan positif. Ia menilai meskipun La Andi belum pernah menyatakan sikap untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 nanti di Buteng, namun telah menjadi perhatian publik. Hal itu dinilai wajar, karena sosok dan kepribadian La Andi mampu diterima oleh semua kalangan.

“Kalau dapat vote tertinggi dalam polling, karena dia (La Andi) warga Buton Tengah yang baik. Jadi wajar law profile orangnya, bergaul semua kalangan. Saya kira dengan sikap itu, pada akhirnya membuat dia banyak yang suka. Walaupun belum pernah menyatakan diri sebagai calon, tapi kepribadiannya begitu baik dan sederhana, itu mengundang perhatian banyak orang terhadap beliau,” kata La Goapu, mantan anggota DPRD Buteng itu saat dikonfirmasi, Sabtu (15/01/2022).

Selain itu, suami Rosmaya (anggota DPRD Buteng) ini menilai sosok La Andi mirip dengan Bupati Buteng, Samahuddin saat mencalonkan diri sebagai Bupati, sehingga kala itu mengundang simpati publik. Sebab, La Andi juga berasal dari kalangan bawah dan tampil sederhana.

“Dia (La Andi) sosok yang bagus dan mirip-mirip juga modelnya dengan Pak Samahuddin yang tampil dari kalangan bawah yang sederhana, pada akhirnya banyak orang yang suka pada saat itu. Dan ternyata mungkin di Buteng model karakter dan sifat seperti La Andi yang disuka masyarakat,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjut mantan politisi PAN ini menegaskan bahwa menariknya, La Andi dalam melakukan kebaikan atau membantu masyarakat tidak pernah diekspos. Inilah yang membuat orang nyaman dan simpati. Jadi meski belum menyatakan sikap terhadap kesiapan calon, masyarakat sudah menaruh harapan.

“Tapi memang masyarakat Buteng hari ini terus melihat siapa yang layak untuk ke depan. Namun, La Andi itu belum dapat disimpulkan, siap bertarung atau tidak, karena tidak pernah menyatakan sikap politik. Tapi kalau dikatakan dia belum mempunyai karya, ya memang karena belum pernah menjadi pejabat, beda dengan Dr. Azhari yang sudah menjadi rektor atau Samahuddin yang sedang menjadi Bupati. Artinya kalau kemudian diberi kesempatan baru akan dilihat seperti apa komitmen dan kinerjanya,” tutup La Goapu.

Tanggapan berbeda datang dari tokoh masyarakat Kecamatan Mawasangka Timur, Haris Ilman terkait hasil polling dan sosok La Andi. Menurutnya, dinamika politik di Buteng belum dapat disimpulkan hari ini, karena Pilkada masih lama. Kendati demikian, Ia menilai banyak sumber daya manusia (SDM) Buteng yang bagus dan itu memang harus dimunculkan di publik. Supaya masyarakat bebas memilih dan menilai siapa yang layak dan pantas ke depan.

“Artinya kalau saya melihat dinamika politik sampai hari ini bagus, kalau kemudian banyak SDM yang mencul di publik. Karena memang kita di Buteng itu memiliki SDM yang cukup banyak. Namun, terkait hasil polling dari sisi finasial mungkin saja penilaiannya di situ, karena tidak bisa dipungkiri kita masih banyak pemilih pragmatis. Bisa jadi La Andi memiliki polling tinggi itu karena dinilai dari sisi kemampuan finansial dianggap siap dan bisa ke depan,” singkat Haris Ilman juga mantan anggota DPRD Buteng itu.

Perlu diketahui polling itu menampilkan 12 nama yang dianggap putra Buteng terbaik yakni Suharman, S.Pd., M.Si, La Andi, S.Sos, Tasman, SE, H. Samahuddin, SE, Dr. Azhari, S.STP., M.Si, Muh. Saleh Ganiru, H. Abdul Rasyid Syawal, S.Pd, Muhiddin, S.Agnc, AKBP (Purn) Ramli, ADAM, S.Ag, H. Subhan, ST, dan Saadia, S.Ag. Pada Kamis, (13/01/2022) lalu, polling elektabilitas tertinggi di raih Suharman, namun kini perolehan berubah dan terus mengalami persaingan. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com