satunarasi

BerandaButon TengahPembangunan Tugu Berkah Buteng Dua Kali Penganggaran Capai Rp 16 Miliar

Pembangunan Tugu Berkah Buteng Dua Kali Penganggaran Capai Rp 16 Miliar

BUTON TENGAH, SATUNARASI.COM – Pembangunan tugu di simpang lima Labungkari Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara tahun 2021 belum rampung. Akibatnya, Pemerintah Daerah (Pemda) harus melakukan dua kali penganggaran, sehingga total dana yang harus digelontorkan mencapai Rp 16 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buteng, Aminuddin menjelaskan desain perencanaan pembangunan tugu Berkah Buteng yang berdiri di simpang lima Labungkari dilakukan tahun 2019. Realisasi penganggaran pada tahun 2021 sebesar Rp 10,584 miliar. Tetapi dalam proses pelaksanaanya, anggaran senilai itu tidak mencukupi, sehingga pembangunan itu belum rampung dan dilanjutkan tahun 2022.

Ketgam : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buteng, Aminuddin

“Jadi tahun 2022 ini kami telah anggarkan untuk tahap keduanya Rp 6 miliar dan itu akan rampung secara keseluruhan. Kalau anggaran 2021 itu kurang lebih 70 persen progresnya kalau hitungan bagunan dari secara keseluruhan ditotal dengan anggaran tahun 2022 ini,” rinci Aminuddin kepada satunarasi.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2022).

Kontraktor pelaksana pembangunan tugu tahun 2021 yakni PT. Adi Putra Kahianga dengan konsultan pengawas CV. Griya Racana Konsulindo dengan total anggaran Rp 10,584 miliar dengan waktu pekerjaan 210 hari mulai 17 mei 2021. Namun, dalam waktu pelaksanaan mengalami keterlambatan penyelesaian. Karena sesuai pantuan di lapangan hingga akhir Desember masih ada pekerja.

“Kemarin memang ada adendum waktu atau denda, tapi itu hanya berapa hari saja. Jadi tahap dua ini kami harap makin cepat reviewnya dikerjakan, sehingga tidak terjadi keterlambatan lagi,” paparnya.

Aminuddin kembali menjelaskan terkait penyebab pembangunan tugu dilakukan dua kali penganggaran bahwa ada kenaikan harga satuan material, karena desain perencanaan bangunan dilakukan mulai 2019. Selain itu, adanya tambahan desain bangunan, sehingga perlu dilakukan perhitungan ulang.

“Yang jelas itu desain tahun 2019 dan pada saat kita anggarkan harga belum naik utamanya besi. Jadi limit waktu dua tahun ini, perubahan harga besi itu sangat signifikan. Baru desainnya itu masih ada juga yang kurang untuk ketahanan dari pada bangunan, sehingga kita MC 0 persen (mutual check nol) ternyata masih ada kekurangan dari hitungan sehelumnya sehingga kita lengkapi,” paparnya.

Setelah dilakukan perhitungan itu, lanjut Aminuddin berarti masih ada tambahan item-item pekerjaan. Memang pada item yang kecil, tapi jumlahnya besar. “Tapi pada prinsipnya kenapa tidak selesai karena harga besi melonjak, termasuk pasir dari harga Rp 800 menjadi Rp 1 juta lebih karena tidak bisa menggunakan pasir lokal. Itu jelas mempengaruhi sehingga memang kalau kita lelang harus disesuaikan dengan harga yang baru, tidak bisa pakai harga yang lama,” tuturnya.

Dipastikan dengan tambahan anggaran Rp 6 miliar untuk tahap kedua dapat rampung 100 persen. Sehingga Buteng kata Aminuddin akan mempunyai icon daerah yang menarik, unik dan megah yakni tugu Berkah Buteng. Selain itu, kendati dua kali penganggaran, namun pembangunan itu bukan multi years contract. Sehingga PT. Adi Putra Kahianga selaku kontraktor 2021 tidak bisa melanjutkan pekerjaan, karena harus dilelang ulang.

“Untuk tahap dua ini harus lelang baru lagi, karena ini bukan multi years, sehingga kontraktor 2021 itu sudah selesai tanggungjawabnya. Kalau ingin melanjutkan pekerjaannya, maka harus ikut lelang lagi. Tugu itu dibangun sesuai slogan yaitu Berkah Buteng jadi di situ ada tulisan rukun iman, rukun islam, dan lainnya. Artinya semua ada maknanya, setelah selesai nanti masyarakat Buteng akan melihat keindahannya, itu akan punya daya tarik dan bisa menjadi spot wisata,” tutupnya. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com