satunarasi

BerandaKendariKemenhub Apresiasi Usulan Ali Mazi Bangun Dermaga Penyeberangan Modern

Kemenhub Apresiasi Usulan Ali Mazi Bangun Dermaga Penyeberangan Modern

KENDARI, SATUNARASI.COM – Guna memberikan pelayanan prima pada semua pelabuhan penyeberangan di Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Provinsi di bawah kendali H. Ali Mazi, SH selaku Gubernur Sultra mengusulkan pembangunan dermaga penyeberangan modern. Program itu telah dikonfirmasikan kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Budi Setiyadi.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Muhammad Rajulan, ST, M.Si kepada satunarasi.com. Ia mengaku sebelum insiden penganiayaan yang viral terhadap seorang guru pengawas Abidin (48) pada Rabu (24/11/2021) di pelabuhan Amolengo karena praktik percaloan dan premanisme, pihaknya bersama Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin telah merencanakan pembangunan dermaga modern khususnya pelabuhan Amolengo-Labuan.

“Sebenarnya Bapak Gubernur (Ali Mazi) dan kami sudah merencanakan untuk menghadirkan pelabuhan penyeberangan modern di Sulawesi Tenggara. Ini sudah terkonfirmasi sebelum ada peristiwa penganiayaan itu di Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat dan mereka sangat mendukung dan apresiasi,” kata Rajulan saat ditemui di Kota Kendari, Kamis malam (9/12/2021).

Namun, dengan adanya kejadian tersebut kata mantan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton itu, sehingga mendapat dukungan percepatan pembangunan dari Dirjen Perhubungan Darat. Yang menjadi target pertama yang akan disiapkan Detail Engineering Design (DED) nya tahun anggaran (TA) 2022 yakni pembangunan pelabuhan Amolengo-Labuan.

“Dengan insiden itu justru dari pihak Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Darat menyampaikan kepada pak Gubernur agar rencana pembangunan penyeberangan modern cepat diwujudkan di Sulawesi Tenggara. Jadi sementara kita ambil satu-satu, pelabuhan Amolengo-Labuan dulu,” jelasnya.

Ditargetkan semua pelabuhan penyeberangan di Sultra akan dimodifikasi menjadi dermaga modern. Namun, pelabuhan Amolengo-Labuan menjadi prioritas pertama karena itu merupakan pelabuhan penyebarangan paling padat yang menghubungkan daratan dan kepulauan di Sultra. Konsep pembangunannya kata Rajulan kira-kira seperti dermaga sekelas Merak – Bakauheni.

“Akan bertahap se-Sultra untuk dibangun. Nanti berikutnya kita upayakan juga penyeberangan lain seperti pelabuhan Torobulu-Tampo, kemudian Baubau – Waara dan lainya akan ditingkatkan dan kita nanti mintakan dukungan dari Kemenhub untuk penganggarannya,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Buton itu menjelaskan, pelabuhan modern berbeda dengan lain seperti sistem administasi yang digunakan pembelian tiket serba online. Kemudian dari segi fasilitas akan dilengkapi agar tercipta keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jasa transportasi laut.

“Fasilitasnya seperti ruang tunggu akan lebih bagus, mungkin sistemnya kurang lebih seperti bandara penerbangan lah. Jadi kita akan buat nyaman dan akan dibangun dua lantai. Lantai bawah untuk penumpang dan di atas untuk restoran misalnya, termasuk kuliner dan kita akan tata bukan hanya bangunan dan jembatannya saja, tapi dengan lingkungan sekitarnya,” pungkasnya.

Program itu bukan sekedar rencana, tapi akan mulai terealisasi pada tahun 2022 ini. Rajulan mengaku akan melakukan DED atau desain dan sudah ada anggaran yang siapkan untuk mendesain sebuah fasilitas dermaga modern.

“Sudah ada dukungan dan persetujuan pak Dirjen Kemenhub tinggal kami backup untuk tahun 2022 ini kita buat desainnya. Itu demi memberi pelayanan prima kepada masyarakat pengguna jasa transportasi laut dan tentu saja akan meminimalisir bahkan menghilangkan praktir-praktik percaloan. Kehadiran dermaga modern nantinya diharapakan akan membantu peningkatan pendapatan masyarakat yg memanfaatkannya untuk kegiatan ekonomi, ” tutupnya. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com