satunarasi

BerandaButon SelatanKejari Buton Gelar Sosialisasi Program La Huga dan La Jada di Busel

Kejari Buton Gelar Sosialisasi Program La Huga dan La Jada di Busel

BUTON SELATAN, SATUNARASI.COM – Kejaksaan Negeri (Kejari) Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi dan penyuluhan sejumlah program di wilayah hukumnya, di Kabupaten Buton Selatan (Busel).

“Kami melakukan giat penyuluhan hukum di Buton Selatan (Busel) sekaligus sosialisasi program Layanan Hukum Gratis (La Huga), dan Layanan Adhyaksa Jaga Desa (La Jada),” kata Kajari Buton, Ledrik Victor Mesak Takaendengan SH, MH didampingi Kasi Intel, Karimuddin SH, Senin (22/11/2021).

Kegiatan itu, turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Busel, Camat Batauga, dan semua Kepala Desa serta Lurah se Kecamatan Batauga, Busel. Program La Huga dicetuskan Ledrik VM Takaendengan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan hukum di otoritanya. Tujuannya agar masyarakat dengan mudah dalam partisipasi penegakan hukum.

“Program ini sebagai upaya untuk mempermudah Aparat Desa dalam konsultasi hukum dalam rangka mencegah terjadinya Tipikor dan layanan Kejaksaan dalam mengawasi anggaran desa agar tidak diselewengkan,” jelasnya.

Penyuluhan hukum merupakan bagian dari upaya pencegahan oleh kejaksaan, dalam penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dengan memberi pemahaman agar para Kepala Desa dan perangkatnya dapat memahami sangsi hukum jika melakukan penyalahgunaan anggaran. Ledrik mengajak para Aparat Desa untuk menerapkan motto kerja Kejari Buton yakni Profesional, Akuntabel, Komitmen, Edukatif dan Melayani (PAKEM).

“Kegiatan penyuluhan/penerangan hukum serta sosialisasi program Lahuga dan Lajada ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui Aparatur Desa terkait pengetahuan hukum tentang cara penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) serta beberapa pengetahuan hukum di bidang pidana umum,” tutup Mantan Koordinator Jaksa pada Asisten Intelijen Kejati Sulawesi Utara (Sulut) itu. (adm)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com