satunarasi

BerandaBaubauPT. PNA Gugat Pokja-PPK dan Pemenang di PTUN, Kabag UKPBJ : Itu...

PT. PNA Gugat Pokja-PPK dan Pemenang di PTUN, Kabag UKPBJ : Itu Adalah Hak Mereka

BAUBAU, SATUNARASI.COM – Polemik tender mega proyek jalan lingkar Kota Baubau masuk ke ranah hukum. PT. Putra Nangroe Aceh resmi mengajukan dua gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kendari.

Kuasa Hukum PT. Putra Nangroe Aceh, Firman, SH., MH menjelaskan ada empat tergugat dalam sengketa administrasi  ini yakni Pokja selaku panitia tender, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau sebagai turut tergugat 1 (satu), PT. Merah Putih Alam Lestari dan PT. Meutia Segar sebagai pemenang tender.

“Ada dua perkara yang kami laporkan, Senin kemarin (15 November) aduan terkait paket peningkatan jalan lingkar ruas 2 bukit asri – batu popi dimenangkan oleh PT. Meutia Segar, nilai penawaran Rp. 39.660.263.441,35. Hari ini, Selasa (16 November) aduan terkait peningkatan jalan lingkar ruas 2 Sorawolio – Bukit Asri dimenangkan PT. Merah Putih Alam Semesta dengan nilai penawaran Rp. 38.485.366.786,34,” jelas Firman kepada satunarasi.com, Selasa (16/11/2021).

Salah  satu sadar hukum  memilih jalur PTUN Kendari lanjut Firman bahwa terdapat dalam Pasal (1) Angka 4 Jo Pasal 2 Ayat (1) Peraturan Edaran Mahkamah Agung (Perma) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelesaian sengketa tindakan pemerintah dan kewenangan mengadili perbuatan melawan hukum oleh Badan dan/atau pejabat pemerintah (Onrechtmatige Overheidsdaad).

“Nah, soal subtansial atau tidak subtansial ini  sepenuhnya kami serahkan kepada proses Hukum gugatan di PTUN Kendari untuk menguji apakah benar tindakan tergugat  tersebut. Ini Ahli yang akan menilai dan tentunya pihak Majelis Hakim tentunya,” pungkasnya.

Senada dikatakan Agung Widodo, SH juga kuasa hukum PT. Putra Nangroe Aceh bahwa kliennya merupakan perusahaan penyedia pekerjaan konstruksi yang mengikuti lelang paket peningkatan Jalan Lingkar Ruas 2 Sorawolio – Bukit Asri dengan kode tender 3794405 pada Dinas PUPR Baubau. Berdasarkan jadwal tahapan lelang pengumuman pasca kualifikasi tanggal 19
Oktober 2021 sampai 24 Oktober 2021, secara Elektronik melalui (www.lpse.baubaukota.go.id).

“Diketahui yang memasukkan penawaran lelang tercatat hanya 5 (Lima) perusahaan dari 42 (Empat Puluh Dua) Perusahaan/Penyedia yang mendaftar pada proyek lelang dimaksud yakni PT. Putra Nangroe Aceh, PT. Dian Perdana Karya, PT. Fardeco Tama Waja, PT. Adta Surya Prima, dan PT. Merah Putih Alam Lestari.

“Klien kami merupakan penawar terendah.
Hal ini jika bendasarkan pada dokumen pemilihan atas proyek tersebut. Dalam dokumen pemilihan tersebut memiliki metode penilaian lelang yaitu metode tender, pasca kualifikasi, satu file, sistem harga terendah, dan kontrak harga satuan. Artinya klien kami sudah memenuhi syarat tersebut.
Anehnya sekonyong-konyong pokja selaku tergugat menggugurkan dengan alasan yang tidak subtansial,” jelas Agung Widodo juga Direktur LBH Pospera wilayah Kepton itu.

Itu yang menjadi dasar gugatan di PTUN, karena dinilai alasan tidak subtansial sehingga PT. Putra Nangroe Aceh bukan sebagai pemenang meski dengan penawaran terendah. “Saat ini sudah sekitar 3 perkara yang kami daftarkan secara online, namun kendala jaringan sehingga baru 2 perkara yang teregister di sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) PTUN Kendari,” tutupnya.

Terkait dengan adanya gugatan PTUN ini, Kepala  Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kota Baubau, Ahmad Basri menanggapinya dengan santai. “Klo hal tsb itu adalah hak mereka?,” singkatnya melalui pesan  WhatsApp kepada satunarasi.com.

Hal berbeda dengan Kadis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau, Andi Hamzah saat dikonfirmasi perihal laporan PT. Putra Nangroe Aceh di PTUN Kendari, masih memilih bungkam. Hingga berita ini dirilis, belum juga mendapat jawaban, meski pesan WhatsApp telah diterima dengan centang biru. (adm)

Penulis : Basyarun

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com