satunarasi

BerandaFigurPresiden Berangkat ke Tiga Negara, Analisis Gaya Khas Jokowi Sinyal Calon Panglima...

Presiden Berangkat ke Tiga Negara, Analisis Gaya Khas Jokowi Sinyal Calon Panglima TNI

JAKARTA, SATUNARASI.COM – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa ikut dalam rombongan saat melepas keberangkatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertolak ke Eropa. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan momen itu seolah menjadi sinyal penting dari Jokowi soal calon Panglima TNI.

“Momen semacam ini pasti dikaitkan dengan momen pergantian Panglima TNI. Publik menangkap begitu banyak ‘kode keras’ bahwa Jokowi dinilai lebih condong ke Andika sebagai panglima baru TNI,” kata Adi kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Adi kemudian menyinggung candaan Jokowi saat meninjau pameran alutsista saat peringatan HUT TNI. Saat itu Jokowi bercanda kepada istrinya, Iriana Jokowi apakah mau disopiri naik kendaraan taktis oleh Jenderal Andika.

“Misalnya soal candaan presiden yang minta Andika menjadi sopir Ibu Negara saat HUT TNI, jelas kode penting. Termasuk momen Andika ikut melepas kepergian Jokowi ke eropa,” kata dia.

Lebih lanjut, Adi menilai pesan politik Jokowi melalui kode dan simbol. Pesan itu juga, kata Adi, juga diungkapkan Jokowi dalam candaan.

Ketgam : Adi Prayitno (Foto: Dok. Pribadi)

“Jokowi itu orang Jawa. Pesan politiknya tidak direct, tapi melalui kode, simbol, gestur, bahkan candaan,” kata dia.

Oleh sebab itu, Adi meyakini peluang Jenderal Andika menjadi calon Panglima TNI terbuka lebar. Terlebih, Jokowi tampak akrab dengan Jenderal Andika.

“Sangat terbuka lebar. Candaan dan momen keakraban Andika dengan Jokowi menjadi sinyal penting. Sebagai orang Jawa, Jokowi tahu persis menyampaikan pesan politiknya dengan bahasa simbol dan gestur,” kata dia.

Adi mengatakan Jokowi sering kali mengeluarkan kebijakan di luar kebiasaan. Dia menilai Jokowi adalah Presiden yang sukar ditebak.

“Jokowi kerap mengeluarkan kebijakan yang di luar kebiasaan. Itu khas Jokowi yang berbeda dengan Presiden lainnya. Sering bikin kejutan tak terduga. Jokowi presiden yang sukar ditebak. Sering keluar dari pakem dan kebiasaan yang dianggap lazim selama ini,” kata dia.

KSAD Ikut Lepas Jokowi ke Eropa

Pesawat Garuda Indonesia terbang menuju Eropa, mengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sejumlah acara. Di balik pentingnya agenda Jokowi ke tiga negara ini, ada hal menarik sebelum Presiden RI lepas landas dari Tanah Air.

Jokowi resmi berangkat ke tiga negara yakni Italia, Britania Raya, dan Uni Emirat Arab, Jumat (29/10) kemarin. Adapun jadwal agenda Jokowi adalah menghadiri KTT G20 di Roma dan COP26 di Glasgow. Setelah itu, Jokowi akan melanjutkan kunjungan bilateral ke Uni Emirat Arab (UEA).

[expander_maker id=”1″ ]

Yang menarik perhatian adalah rombongan yang melepas Presiden Jokowi. Hadir melepas kunjungan kerja Jokowi yakni Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pranowo hingga Mensesneg Pratikno. KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa tampak dalam rombongan tersebut.

Jokowi tengah mencari calon panglima TNI baru menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun bulan depan. Saat ini, belum ada keputusan dari Jokowi, bahkan surat presiden (surpres) calon panglima TNI baru belum dikirimkan ke DPR RI.

Apa yang ditunggu Jokowi?

Kita bersabar saja, tetapi Presiden pasti akan mengambil keputusan yang terbaik dan kemudian yang kedua Presiden akan mengikuti aturan sesuai dengan perundang-undangan yang ada. Insyaallah mengikuti selalu seperti itu,” kata juru bicara Presiden saat itu, Fadjroel Rachman, di kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (22/10). Fadjroel menjawab pertanyaan soal apa yang ditunggu Jokowi dan waktu pengiriman supres yang dianggap relatif lebih lama dibandingkan sebelumnya. (adm)[/expander_maker]

Sumber : detik.com

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com