satunarasi

BerandaKuliner6 Cara Buat Kentang agar Renyah dan Tidak Gumpal

6 Cara Buat Kentang agar Renyah dan Tidak Gumpal

SATUNARASI.COM- Kering kentang bisa jadi ‘penyelamat’ ketika sedang malas memasak atau buru-buru. Lauk kering ini bisa kamu simpan untuk stok selama Ramadhan.

Cara membuat kering kentang sebetulnya cukup mudah. Namun supaya tidak menggumpal dan renyahnya tahan lama ada beberapa trik yang perlu dilakukan.

Berikut cara membuat kering kentang yang renyah dan tidak menggumpal dilansir dari buku “Kering Kentang Lauk Praktis Tahan Lama’’ oleh Intarina Hardiman terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, seperti dikutip dari kompas.com.

1. Goreng bumbu dasar sampai kering

Bumbu dasar yang digunakan untuk membuat kering kentang harus digoreng terlebih dulu.

Setelah digoreng, tiriskan bumbu dasar sambil ditekan-tekan agar minyaknya keluarnya dan tidak mengendap.

Namun pastikan kamu tak menggoreng bumbu dasar hingga berambut, sebab hal ini dapat membuat kering kentang keras saat disimpan. Apalagi jika bumbu dasarnya sudah diberi gula.

2. Jangan campur bumbu dalam kondisi panas

Bumbu dasar yang sudah digoreng kering jangan langsung dicampur dengan bumbu dan bahan lainnya. Istirahatkan sebentar sampai bumbu dasar hangat.

Jika sudah, barulah kamu boleh mencampurnya dengan bumbu atau bahan lainnya. Bumbu dasar yang dicampur saat panas dapat membuat kentang menggumpal dan kurang krispi.

Selanjutnya, goreng semua bahan sampai benar-benar kering dengan menggunakan api kecil. Aduk-aduk agar semua bahan tercampur dan tidak menggumpal.

Takaran minyak, gula, dan air dapat memengaruhi tingkat kerenyahan kering kentang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan takaran yang tepat saat membuatnya.

Jangan gunakan terlalu banyak minyak, gula, maupun air, karena dapat membuat kering kentang melempem alias tidak renyah.

3. Perhatikan takaran minyak, gula, dan air

Takaran minyak, gula, dan air dapat memengaruhi tingkat kerenyahan kering kentang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan takaran yang tepat saat membuatnya.

Jangan gunakan terlalu banyak minyak, gula, maupun air, karena dapat membuat kering kentang melempem alias tidak renyah.

[expander_maker id=”1″ ]

4. Langsung goreng kentang yang sudah dipotong

Beberapa orang kerap merendam kentang yang sudah dipotong dalam air garam atau air kapur sirih.

Sayangnya, hal tersebut justru dapat membuat kering kentang keras dan tajam jika disimpan terlalu lama. Baiknya, goreng kentang langsung setelah dipotong agar lebih renyah saat dimakan.

5. Jangan diaduk-aduk saat digoreng

Kentang yang sedang goreng jangan diaduk-aduk, apalagi jika belum kering. Hal ini dapat membuat kentang menggumpal dan lengket ketika dicampur dengan bumbu lainnya.

6. Tambahkan santan dan jeruk nipis

Pada resep tertentu, kamu bisa menambahkan santan dan jeruk nipis. Kedua bahan ini dapat membuat rasa dan tampilan kering kentang lebih menarik.

Penambahan santan dapat membuat kering kentang lebih gurih. Sementara, air jeruk nipis bisa memberi efek warna yang cantik pada kentang. (adm)[/expander_maker]

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Popular

Recent Comments

https://www.fapjunk.com https://fapmeister.com